Rektor UNM Dorong Dosen Produktif Buat Penelitian

Rektor UNM menghadiri Seminar Nasional di Gedung Teater Menara Pinisi UNM, Sabtu 5 Oktober 2019.

Terkini.id,Makassar – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. Berlangsung di Gedung Teater Menara Pinisi UNM, Sabtu 5 Oktober 2019.

Adapun tema yang diusung adalah “Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Akselarasi Pembangunan SDM”.

Ketua LP2M, Prof Dr Bakhrani Rauf mengatakan, perguruan tinggi tidak lepas dari masyarakat.

“Tugas dosen selain mengajar, salah satunya melakukan pengabdian. Kegiatan yang dilakukan dosen tidak sebatas menyelesaikan program, tapi ada tindaklanjut dari kegiatan tersebut, terus direalisasikan di desa binaan misalnya,” ujar Bakharani.

Sementara itu, Rektor UNM, Prof Husain Syam menambahkan, hasil riset yang dilahirkan dosen diwujudkan dalam bentuk program, sehingga bernilai ekonomi. Sekaligus, memberikan solusi menyelesaikan masalah dalam masyarakat.

Menarik untuk Anda:

“Dengan menghadirkan biaya pengabdian dan penelitian 20 persen dari anggaran yang kita punya, kami harapkan tidak hanya sekadar pengembangan masyarakat, tapi ada nilai tambah, yakni di dorong membuat tulisan jurnal internasional bereputasi,” ujar guru besar pertanian itu.

Melalui seminar ini, dosen dapat mengembangkan hasil risetnya. Belajar dari berbagai sudut pandang pemateri, mengenai peran perguruan tinggi dalam peningkatan SDM dan perguruan tinggi mengembangkan produk lokal

“Kami juga berharap mahasiswa dilibatkan, supaya mereka terbiasa melakukan pengabdian dan jadi nilai tambah untuk mereka sebelum lulus, sehingga ketika sudah terjun ke masyarakat bisa berdaya guna dan selalu memberikan pengabdian kepada masyarakat,” jelas Mantan Dekan FT UNM ini.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Hari Tani Nasional, Polbangtan Gowa Lakukan Penyuluhan Budidaya Kacang Tanah dan Jagung di Maros

District Multi-Stalkehokder Forum (DMF) Program Yess PPIU Sulawesi Selatan digelar di Kabupeten Bulukumba

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar