Masuk

Relawan Jokowi Gelar Musra II di CCC Makassar, Bakal Hadirkan 25 Ribu Orang

Komentar

Terkini.id, Makassar – Kelompok relawan Jokowi bakal menggelar Musyawarah Rakyat (Musra) II Sulsel pada 2 Oktober di Kota Makassar. Rencananya akan dihadiri langsung oleh Jokowi.

Agenda bertajuk Musyawarah Rakyat atau Musra II itu akan digelar di Celebes Convention Center (CCC). Jumlah peserta yang hadir diperkirakan sebanyak 25 ribu. Mereka mewakili 21 kabupaten dan 3 kota madya.

Tujuan Musra ini untuk menghimpun keinginan elemen masyarakat terkait calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga: Relawan Jokowi Masih Eksis, Pengamat: Harusnya Sudah Selesai

Ketua Panitia Nasional Indonesia Musra II, Panel Barus mengatakan secara konstitusi bahwa pencalonan presiden dan wapres adalah hak partai politik (parpol). Namun, urusan Pemilihan Presiden 2024 adalah urusan rakyat.

“Kita ingin memberikan ruang bagi rakyat untuk ikut terlibat mempercakapkan nasib bangsa ke depan,” ujar Ketua Panitia Nasional Indonesia Musra II, Panel Barus, Kamis, 29 September 2022.

Rencananya Musra akan digelar di setiap provinsi di seluruh Indonesia. Menurutnya, Musra merupakan eksperimen politik baru yang akan membawa perubahan bagi demokrasi.

Baca Juga: Dugaan Jokowi Dijebak Oleh Relawan, Politikus Senior PDIP: Lihat Ekspresinya, Dia Nikmati

“Ini akan jadi legasi politik bagi Pak Jokowi,” sebutnya. 

Ia mengatakan Musra II Sulsel juga nanti ada sistem voting yang akan dilakukan. Peserta yang hadir akan diberikan pilihan untuk memutuskan capres-cawapresnya yang akan diusung pada pilpres 2024.

“Sistemnya nanti e-vote. Jadi voting digital. Peserta siapkan saja handphone kemudian nanti ada barcode discan. Di situ akan keluar pertanyaan-pertanyaan, pemimpin yang layak melanjutkan Jokowi siapa? dan seterusnya,” tuturnya.

Saat ditanya soal seberapa besar kekuatan Musra untuk memberikan pengaruh terhadap partai politik ihwal hasil voting capres-cawapres, Panel mengatakan hal itu sangat berpengaruh.

Baca Juga: Soal Anies Baswedan, Mantan Sekjen Projo Sebut Jokowi Tidak Bersikap Kenegarawanan

“Hasil Musra 1 semua partai politik telepon, saya bilang kalau mau menang lihat hasil Musra,” ucapnya.

Pada Musra I yang digelar di SOR Arcamanik, Kota Bandung, Minggu, 28 Agustus 2022 dihadiri langsung Jokowi. 

Saat pelaksanaan Musra I di Kota Bandung dilakukan voting terhadap 5.712 orang untuk menentukan capres-cawapres pilihan. Hasilnya Jokowi ada di urutan pertama disusul Sandiaga Uno dan Ganjar Pranowo di tiga besar.

Presiden Jokowi yang hadir saat itu kembali angkat bicara soal isu 3 periode. Jokowi menegaskan tidak akan maju karena konstitusi tidak membolehkan.

“Konstitusi tidak membolehkan. Sudah jelas itu,” ucap Jokowi saat memberikan sambutan Musyawarah Rakyat (Musra) I.