Masuk

Respons Pengaduan Viral di Medsos, Dirut PDAM Makassar Langsung Temui Pengadu

Komentar

Terkini.id, Makassar – Bukti semakin terbukanya Perumda Air Minum (PDAM) Kota Makassar terhadap semua pengaduan dan kritikan pelanggan terhadap layanan yang diberikan kepada masyarakat adalah buah dari Pola Pelayanan yang membuka diri dengan menyediakan saluran informasi melalui media sosial.

Hal itu terbukti dengan makin bebasnya masyarakat khususnya pelanggan menyalurkan keluh kesah dan masalahnya langsung di Media Sosial (Medsos) PDAM Makassar.

Salah satunya adalah pengaduan warga/pelanggan di daerah Jalan Galangan Kapal, Kelurahan Buloa yang menyampaikan keluahan bahwa sudah beberapa bulan distribusi air yang mereka terima nyaris nihil. 

Baca Juga: Beni Iskandar Hadiri Sosialisasi Perda PDAM yang Digelar Legislator DPRD Makassar

“Saya dari daerah beberapa hari, dan setiba di rumah air tidak mengalir, dan saya mendapat informasi dari tetangga bahwa sudah beberapa hari air memang tidak mengalir di daerah ini,” kata pelanggan berinisial Whd yang mengadukan keluhannya kepada PDAM Makassar.

Mendapat informasi ini, Direktur Utama PDAM Kota Makassar, Beni Iskandar langsung mengajak seluruh jajaran terkait untuk bersama-sama ke lokasi untuk mengecek keluhan yang dimaksud.

“Saya malam ini langsung turun ke lokasi dan memanggil semua petugas saya, mulai dari pejabat terkait dan staf teknik untuk meninjau dan menemui warga yang mengadu sekaligus untuk membuktikan kebenaran informasinya,” ungkap Beni Iskandar, Rabu 28 September 2022.

Baca Juga: Anggota DPRD Makassar Ari Ashari Gelar Sosialisasi Perda Tentang PDAM

Setelah tiba di lokasi dan berkomunikasi langsung dengan pengadu serta beberapa masyarakat setempat, ternyata memang beberapa hari air tidak mengalir.

“Jadi pelanggan ini sengaja menyampaikan di media sosial agar semua pihak memberi atensi karena warga sudah sangat kekurangan air,” tambah Beni.

Berdasarkan informasi yang diterima dari laporan petugas di lapangan, permasalahan tersebut diakibatkan adanya pekerjaan pemindahan jalur pipa diameter 200 mm akibat terkena jalur pemasangan tiang pancang Jalan Tol New Port.

“Pengaruhnya karena ada pipa kena jalur tiang pancang, jadi kami pindahkan, inilah yang buat air tidak mengalir selama beberapa hari,” ungkapnya.

Baca Juga: Imbas Proyek IPAL Losari, Sejumlah Pipa PDAM Makassar Alami Kebocoran

“Insya Allah malam ini akan dimaksimalkan untuk diselesaikan dan mengupayakan supaya air bisa segera mengalir kembali. Saya menjamin malam ini semua akan terkoneksi dan pemindahan akan diselesaikan, jadi ini miss informasi saja dan juga selama air tidak mengalir kami tetap mengantarkan air melalui mobil tangki gratis,” pungkasnya.