RLI Sulsel Adakan Diskusi Usung Tema Berdaya Petani

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id, Makassar-Rumah Literasi Indonesia (RLI) Sulawesi Selatan akan menggelar diskusi publik pada, Rabu, 8 Januari 2020. Diskusi tersebut akan mengusung tema krusial “Berdaya Petani” sebagai problem vital indonesia, di Kedai Kopi 25 Pampang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

“RLI Sulsel, melalui musyawarah internal anggota sepakat membahas kondisi petani di indonesia sekarang ini. Lebih dari pada itu, kajian substansif bahwasannya indonesia adalah negara agraris maka seyogyanya petani harus sejahtera melalui pemberdayaan untuk membuktikan bahwa indonesia sebagai negara agraris dan beroeluang untuk mandiri menuju petani sejahtera,” tutur Ferdinando Saferi, salah seorang anggota RLI sulsel.

Lebih lanjut, Akar sapaan akrab Ferdinando mengungkapkan bahwa petani merupakan jantung ekonomi sekaligus benteng ketahanan pangan indonesia. Jadi, petani harus diperhatikan secara intensif oleh pemerintah.

Sementara di tempat terpisah, Tarsisius Derson Wesa mengungkapkan keresahannya terhadap kondisi petani yang saban hari jarang diperhatikan serius oleh pemerintah.

“Petani sejatinya harus diberdaya oleh pemerintah karena indonesia memiliki potensi yang luar biasa dan juga memiliki petani dengan jumlah yang besar. Oleh karena itu, tugas negara dan masyarakat bagaimana melakukan pemberdayaan terhadap sistem pertanian lebih khusus SDM petani,” pungkas Tarsisius.

Baca juga:

Diskusi Publik Part I ini akan membedah sekalogis mendiskusikan langkah solutif dalam tindakan pemberdayaan petani. RLI Sulsel mengajak seluruh generasi milenial yang ada di kota Makassar untuk sama menarik benang merah dari problematika pertanian indonesia.

Ketika milenial menutup nurani terhadap persoalan ini maka petani dan pertanian indonesia tetap tidak sejahtera dan pemerintah dengan penuh percaya diri melakukan import beras dan lain sebagainya.

Komentar

Rekomendasi

Menteri LHK: Pemda Berperan Penting Atasi Perubahan Iklim

Diskusi Internasional, Menteri Siti Bicara Peran Penting Pemda Atasi Perubahan Iklim

Berjaringan Aktifis Pergerakan BAIN HAM RI Lebarkan Sayap ke NTT Dan Maluku

Tim Operasi Gabungan KLHK Ungkap Perdagangan Ilegal Tumbuhan Dilindungi ke Taiwan

Polda Sulsel Gelar Donor Darah Sukarela Sambut HUT Bhayangkara ke-74

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar