Rugi Puluhan Juta, Mobil Ini Ringsek akibat Ditabrak Damkar yang Bertugas, Siapa yang Salah?

Terkini.id, Gorontalo – Mobil petugas pemadam kebakaran (Damkar) menabrak satu unit mobil ketika bertugas pada Minggu, 28 Februari 2021.

Kecelakaan lalu lintas ini terjadi di Jalan Trans Sulawesi Ahmad Wahab, Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo mengakibatkan satu mobil merek Datsun tersebut rusak parah.

Kejadian ini kemudian menjadi viral di media sosial karena adanya video dari salah satu petugas yang merekam kejadian dari dalam mobil Damkar.

Baca Juga: Koordinasi ke Gorontalo, Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi Jelaskan...

Video berdurasi 42 detik itu direkam saat mobil Damkar melaju kencang saat mendapatkan laporan adanya kebakaran di salah satu gedung di Mapolres Gorontalo.

Saat mobil damkar dalam perjalanan, tak lama kemudian, ada sekitar 3 unit mobil dengan arah yang sama, berjejer di tengah jalan menunggu sebuah mobil Datsun di depannya yang sedang besok ke kanan menuju sebuah lorong kecil.

Baca Juga: Video Viral, Kepala Puskesmas Bone Teriak Histeris saat Disuntik Vaksin

Dilansir dari Kronologi, Kasat Lantas Polres Gorontalo, AKP Dedik Agus Purwanto SIK, menjelaskan bahwa kecelakaan yang terjadi tabrakan satu arah depan-belakang.

“Kecelakaan terjadi waktu mobil yang dikendarai FY (pengemudi mobil Daihatsu) merubah arah ke kanan hingga menyebabkan kecelakaan,” ujar Dedik.

“Dia tidak konsentrasi pada saat mengemudi tanpa memperhatikan mobil pemadam kebakaran dari arah belakang dengan kecepatan tinggi,” sambungnya.

Baca Juga: Bangun Sinergitas dan Komitmen, Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi Gelar...

Menurut Pasal 134 dan 135 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) menyatakan bahwa ada sebanyak 7 kenderaan yang mendapatkan prioritas utama dalam lalu lintas.

Salah satu dari ketujuh kenderaan tersebut ialah mobil pemadam kebakaran yang sedang bertugas.

Hal ini juga disampaikan oleh Ruliansyah, petugas yang merekam kejadian tersebut.

“Aturannya sangat jelas, mobil damkar menjadi salah satu pengguna jalan yang mendapat hak utama untuk lewat lebih dulu,” ujar Ruliansyah usai berikan keterangan pada polisi.

“Kami menolong banyak nyawa, jadi saat kami bertugas di lapangan tolong dapat dipahami dengan benar,” harapnya kepada masyarakat.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Akan tetapi, ada kerugian materi yang diperkirakan mencapai Rp 30 juta.

“Saudara Farid Yusuf sudah membuat pernyataan tidak keberatan atas peristiwa ini,” kata Dedik menutup kasus ini.

Sponsored by adnow
Bagikan