Sejumlah Warga Protes PPDB Makassar, Ada Apa?

Plt Dinas Pendidikan Kota Makassar Amalia Malik

Terkini.id, Makassar – Sejumlah warga melayangkan protes terhadap pelayanan Dinas Pendidikan Kota Makassar lantaran mengabaikan keluhan warga yang kesulitan mendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Masyarakat sudah melapor tetapi kemudian tidak ada tanggapan operator terkait keluhan masyarakat. Nomor yang dicantumkan di WhatsApp dan web itu tidak aktif,” kata Ks (inisial), salah satu warga di Kantor Dinas Pendidikan, Senin, 6 Juli 2020.

Dia mengatakan masyarakat kesulitan mengakses Web saat melakukan pendaftaran PPDB. Namun pihak operator tak memberikan solusi.

“Apa gunanya Web itu ketika tidak ada solusi. Di dalam orang-orang tua melapor tapi tidak ada penjelasan terkait itu, sehingga Dinas Pendidikan menjadi klaster Covid-19 terbaru karena orang-orang berbondong-bondong ke tempat ini untuk mencari penjelasan,” kata dia.

Ia pun meminta Dinas Pendidikan memperbaiki sistem yang amburadul. Ia mengatakan kedatangan orang tua dan peserta didik ke tempat ini untuk berkeluh kesah.

Menarik untuk Anda:

“Saya berharap tolong diperbaiki, sekarang siapa yang jaminkan kami kalau tidak ada terjadi permainan di tempat itu. Pada saat tanggal 30, bagus jaringan, kenapa pada saat tanggal 1 dibuka secara resmi sampai detik ini, jaringan itu eror. Siapa kemudian bertanggung jawab,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Dinas Pendidikan Kota Makassar Amalia Malik mengatakan pihaknya terbuka dan meminta masyarakat melakukan pengawasan soal PPBD.

“Supaya tujuan kita melaksanakan PPBD ini bisa berjalan dengan baik dengan mengacu kepada asas dan prinsip PPBD 2020. Sebenarnya hari Jumat kemarin kita sudah menerima perwakilan dari semuanya, dari teman-teman yang berada di Forum Peduli Pendidikan,” kata dia.

Namun bagi masyarakat yang merasa belum puas dan mendapatkan jawaban atas masalah tersebut, Amalia mengatakan itu tak masalah.

Setiap masyarakat punya hak untuk mendapatkan jawaban.

“Kalau dikatakan tidak transparan, kami sudah membuat web. Web ini kami buat yang dulunya tidak pernah ada,” kata dia.

Amalia mengaku saat diamanahkan menjadi Plt, yang pertama dia lakukan adalah membuat Web.

“Lewat Web PPBD, Web Disdik Kota Makassar yang resmi, sehingga semua masyarakat bisa lihat dan memang harus lewat situ. Jadi semua transparan,” ungkapnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Monev Triwulan II Dinas PU Makassar, Dewan Minta Prioritaskan Pengerjaan Jalan

Koalisi Pengemudi Daring Kembali Bakal Gelar Aksi Unjuk Rasa di Kantor Gojek Makassar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar