Selama 22 Tahun di MotoGP Inilah Jatuh Bangun Perjalanan Karier Valentino Rossi

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Jatuh bangun karier Valentino Rossi di ajang MotoGP.Gambar GridOto.com

Terkini.id, Makassar – Berita yang sudah lama ditunggu GP mania adalah kepindahan Valentino Rossi ke Petronas Yamaha SRT untuk musim balap motoGP 2021.

Tahun depan merupakan tahun ke 22 Valentino Rossi balapan di kelas premier. Rossi sejauh ini hanya membalap dengan tiga tim yaitu Yamaha, Honda, dan Ducati.

Akankah kepindahannya ini akan membawa keberhasilan bagi Valentino Rossi atau justru sebaliknya?

Jika kita kembali melihat sejarah perjalanan Valentino Rossi di MotoGP dan memutuskan kariernya.

Pada tahun 2020 saat ia memutuskan untuk pindah ke Repsol Honda dari tim Nastro Azzurro, saat itu tidak ada perubahan yang berarti yang berubah hanya warna dan corak motor yang ia tunggangi.

Menarik untuk Anda:

Ia memulai debutnya pada GP 500 dengan Nastro Azzurro, namun dengan dukungan penuh dari HRC untuk menghindari aturan pembalap rookie yang baru masuk tim pabrikan.

Namun saat itu ia hanya mampu finis kedua pada musim pertamanya dengan tim Nastro Azzurro, dan berhasil meraih gelar dunia di kelas premier di tahun 2001.

Dan kepindahannya ke tim pabrikan Honda pada tahun 2002, tidak membuatnya kehilangan jejak untuk menuju kemenangan.

Valentino Rossi mampu mempersembahkan dua gelar juara dunia untuk Repsol Honda.

Pada tahun 2004 Rossi memutuskan untuk pindah ke Gauloises Yamaha, alasan utama Rossi pindah karena Honda tidak terlalu mendengarkan masukan dari pembalapnya.

Kepindahannya ke Yamaha membawa kemenangan pertamnya di balapan Afrika Selatan dan dengan kemenangan ini hubungan baik Rossi dengan Yamaha semakin membaik.

Rossi mampu mempersembahkan sembilan kemenangan ditahun pertamamya bagi Yamaha. Dan berhasil mendapatkan gelar juara dunia tiga kali dilima tahun berikutnya.

Kemudian pada tahun 2011 Rossi pindah dari Yamaha ke tim pabrikan Ducati. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangakan.

Sebab, motornya susah untuk dikendarai alahasil ia hanya bisa mempersembahkan tiga podium di dua musim MotoGP yang.

Dan akhirnya ditahun 2013 ia memutuskan untuk kembali ke tim Yamaha, meskipun ia digantikan oleh Jorge Lorenzo sebagai pembalap nomor satu karena lebih mudah.

Namun, konsisten yang dimiliki Rossi justru membuatnya mampu bertahan dan bersaing dipuncak.

Kembalinya ke Yamaha kali ini, mampu mempersembahkan podium kedua pada tahun 2014, 2015, dan 2016 meskipun saat ini ia harus bersaing sengit dengan pembalap dari Repsol Honda Marc Marquez.

Namun, prestasi yang Rossi miliki patut dibanggakan yaitu gelar juara dunia sembilan kali. Dan terbaru di bulan Juli ia meraih podium.

Dan yang terakhir ia pindah ke Petronas Yamaha SRT yang merupakan tim satelit, hal ini bukan karena penuruan prestasi dari Valentino Rossi melainkan pada stategi jangka panjang Yamaha untuk mempertahankan rookie Fabio Quartararo. Seperti dilansir dari channel youtube Srarting Grid.

Semoga kepindahan Valentino Rossi ke tim satelit Petronas Yamaha SRT memberikan pengaruh positif hingga mampu meraih gelar juara dunia dan sekaligus menambah gelar juara yang ia peroleh selama balapan di MotoGP.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Meski Pandemi, Satgas Pamtas Yonif 312 KH Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Cinta Rasul, Pesantren Matahari Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar