Makassar Terkini
Masuk

Semprot Helmi soal ‘Tempat Jin Buang Anak’, YM: Jadi Menurut Lu, Masyarakat Kalimantan yang Tersinggung Itu Abal-Abal Semua?

Terkini.id, Jakarta – Host 2045 TV, Yusuf Muhammad (YM) bereaksi keras atas penyataan pegiat media sosial, Helmi Felis terkait Kalimantan yang disebut “tempat jin buang anak”.

Yusuf Muhammad mempertanyakan apakah Helmi Felis menganggap semua masyarakat yang tersinggung atas julukan “tempat jin buang anak” itu adalah orang Kalimantan abal-abal.

Hal ini disampaikan Yusuf Muhammad melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu, 26 Januari 2022, disertai tangkapan layar bukti Helmi Felis memblokir akunnya.

“Langsung diblokir. Wooiii Helmi Felis! Jadi menurut lu, masyarakat Kalimantan yg tersinggung akibat ucapan caleg gagal PKS dan gerombolannya itu abal-abal semua?” katanya.

Sebelumnya, Helmi Felis mempertanyakan apakah orang yang tersinggung dengan sebutan “Kalimantan tempat jin buang anak” adalah orang asli Kalimantan atau sebenarnya orang Kalimantan abal-abal.

Ia mengatakan ini sebagai respons terhadap netizen mengaku warga asli Kalimantan yang menyebut dirinya tidak tersinggung dengan ungkapan Kalimantan “tempat jin buang anak”.

“Ternyata ‘Tempat Jin Buang anak’. Bahasa lumrah juga di Kalimantan,” kata Helmi Felis melalui akun Twitter pribadinya pada Selasa, 25 Januari 2022.

“Jadi itu yang tersinggung asli Kalimantan atau Kalimantan abal-abal alias bukan asli Kalimantan? Ada yang mau adu domba masyarakat Kalimantan nih. Ckckck,” sambungnya.

Adapun netizen yang ditanggapi oleh Helmi Felis mengaku sebagai orang asli Kalimantan, tepatnya Pontianak.

Netizen ini mengaku tidak tersinggung dengan perkataan bahwa Kalimantan adalah tempat jin membuang anak.

Pasalnya, menurut netizen ini, sebutan “tempat jin buang anak” ini hanyalah sebuah perumpamaan.

“Saya asli orang Kalimantan tepatnya di Pontianak ngak tersinggung kok. Bahasa itu cuma perumpamaan saja,” kata netizen dengan nama akun @dhede***.

“Kalau bahasa Melayu Pontianak itu untuk perumpamaan jauh banget adalah tempat jin betendang,” tambahnya.

Netizen ini mengatakan hal tersebut sebagai balasan terhadap Helmi Felis yang mengatakan bahwa sebutan “tempat jin buang anak” adalah ungkapan lazim, bukan hinaan.

“’Tempat Jin Buang Anak’ itu ungkapan lazim anak Betawi. Bukan hinaan, itu ekspresi betapa jauh tempat tersebut,” kata Helmi Felis.

Ia juga menyindir bahwa ada dua jenis orang yang marah atas ungkapan “Kalimantan tempat jin buang anak ini.

“1. Nggak tau karena tidak bergaul (wawasan sempit). 2. Pura-pura, tujuannya menarget orang yang kerap kritik pemerintah,” kata Helmi Felis.