Sering Anda Konsumsi, Minuman Ini Ternyata Bisa Mengakibatkan Kematian Dini

Minuman
Ilustrasi minuman manis. (foto: solopos.com)

Terkini.id – Air putih atau air mineral adalah minuman yang paling baik bagi kesehatan. Banyaknya minuman manis yang masuk dalam tubuh justru membuat gula menumpuk di tubuh.

Konsumsi minuman manis seperti soda dan minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan atau gula dalam jumlah besar bukan hanya terkait dengan berbagai risiko penyakit seperti diabetes dan obesitas, tetapi masih ada sederet daftar efek buruk lain bagi kesehatan.

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa minuman manis yang ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian yang dilakukan di Emory University, Atlanta, Georgia pada 2018 lalu menghasilkan fakta bahwa terbiasa mengonsumsi minuman manis meningkatkan risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung.

Penelitian ini dilakukan dengan cukup berbeda karena biasanya penelitian-penelitian sejenis dilakukan dengan melibatkan makanan-makanan manis yang memang sudah terbukti mampu menyebabkan diabetes dan obesitas, dua masalah kesehatan yang bisa memicu komplikasi pada jantung dan pembuluh darah.

Mengkonsumsi minuman manis beresiko mengakibatkan kematian dini

Minuman
Minuman manis. (foto: klcbs.net)

Dr. Jean Welsh, asisten professor di universitas tersebut yang terlibat dalam penelitian ini menyebut setidaknya ada 17.930 orang dewasa dengan usia lebih dari 45 tahun yang dilibatkan.

Dari penelitian ini, dihasilkan fakta bahwa kelompok partisipan yang lebih sering mengonsumsi minuman manis layaknya minuman bersoda atau minuman sari buah dengan tambahan pemanis cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kematian dini akibat penyakit jantung.

Dr. Welsh juga menyebut para partisipan yang terbiasa mengonsumsi minuman bersoda sebanyak 2 kaleng setiap hari memiliki risiko lebih besar untuk mengalami kematian yang dipicu oleh penyakit jantung dibandingkan dengan para partisipan yang mengonsumsinya kurang dari jumlah tersebut.

Minuman manis memang bisa memberikan sensasi nikmat dan segar saat dikonsumsi, apalagi jika suhu udara cukup panas. Hanya saja, ada banyak sekali dampak kesehatan yang bisa kita dapatkan jika kita sering meminumnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini