Setelah Buka Lebar Pariwisata, Arab Saudi Panggil ‘Aquaman’ hingga Jackie Chan

Terkini.id, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi terus membuka diri demi memacu pertumbuhan ekonomi. Setelah memberi berbagai kemudahan untuk para turis, pariwisata, kali ini pemerintah Arab Saudi ingin membangun industri film di negaranya.

Hal itu merupakan salah satu upaya kerajaan Saudi untuk menggeliatkan sumber perekonomian negaranya melalui industri non-minyak.

Salah satunya dengan menggelar konferensi perfilman yang dihadiri sejumlah pelaku bisnis film dunia, termasuk tiga aktor kelas atas, Jason Momoa, yang memerankan karakter Aquaman, serta aktor laga Jean Claude van Damme dan Jackie Chan.

Ini menjadi pertama kalinya bintang film papan atas dunia secara terbuka diundang ke kerajaan Saudi sejak kasus pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi pada 2018 lalu.

Konferensi tersebut diselenggarakan oleh Otoritas Hiburan Umum Saudi atau yang disebut dengan Joy Forum.

Konferensi itu akan mengumpulkan para perintis terdepan industri hiburan global yang tertarik dengan investasi dan peluang pertumbuhan di sektor hiburan kerajaan.

Dalam selebaran yang dibagikan untuk acara tersebut, menyebut para CEO dan pemimpin dari industri hiburan global, serta selebritas Hollywood dan Bollywood akan hadir.

“Orang-orang bisa bepergian dan menghabiskan uang mereka di luar Arab Saudi untuk memperoleh hiburan. Namun kami ingin membawa itu semua kembali ke kerajaan dan membuat sebanyak mungkin pilihan,” ujar CEO Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi, Amr Banaja, dilansir New York Post, Minggu 13 Oktober 2019.

Kerajaan Arab Saudi disebut telah menginvestasukan anggaran hingga 64 miliar dollar AS (lebih dari Rp 900 triliun) guna membangun industri film kelas dunia di negara itu.

Khusus Jason Momoa, dikatakan bahwa pemerintah kerajaan menawarkan bayaran yang sangat tinggi untuk aktor kelahiran Hawaii itu agar bersedia tampil dalam konferensi di Arab Saudi itu.

Menurut All American Speakers Bureau, sebuah agen hiburan di AS, Momoa biasanya memasang tarif hingga lebih dari 200.000 dolar AS (sekitar Rp 2,8 miliar) untuk sebuah penampilan.

Namun sebuah sumber yang dekat dengan acara konferensi itu mengatakan bahwa penyelenggara menawarkan hal yang tidak bisa merea tolak.

“Saya tidak akan terkejut jika mereka membayarnya lebih dari 1 juta dolar AS (sekitar Rp 14 miliar),” ujar sumber.

Momoa sebelumnya juga sempat mengunjungi Riyadh saat dilangsungkannya acara konferensi komik di Arab Saudi pada 2017 silam.

Sumber juga mengatakan bahwa penyelenggara awalnya juga ingin mengundang aktor Hollywood lainnya, seperti Russell Crowe dan Will Smith.

Belum ada tanggapan dari perwakilan Momoa, Russell Crowe, atau Jackie Chan, mengenai rencana konferensi itu.

Ini bukan pertama kalinya otoritas Arab Saudi menghadirkan artis papan atas untuk tampil di wilayah kerajaan. Tahun ini, Arab Saudi juga sempat mendatangkan penyanyi Mariah Carey.

Namun upaya membangun industri hiburan Arab Suadi juga sempat menuai kritikan dari warga.

Omaima Al Najjar, dilaporkan melarikan diri dari kerajaan guna mencari suaka politik di luar negeri, setelah menyebut konser itu sebagai pengalihan isu perang Yaman, pelanggaran hak asasi manusia, serta pelonggaran hukum perwalian terhadap seorang kaum perempuan.

“Pemerintah Saudi menggunakan hiburan untuk mengalihkan perhatian orang dari pelanggaran hak asasi manusia,” kata Al Najjar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Ketua DPRD Sidrap Definitif Ditetapkan

Terkini.id, Sidrap – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sidrap yang digelar, Kamis 14 November 2019 akhirnya mengumumkan mantan Sekda Sidrap H Ruslan sebagai Ketua DPRD