Makassar Terkini
Masuk

Roy Suryo Tersangka, Eko Widodo: Ade Armando, Abu Janda dan Ruhut Sitompul Aman

Terkini.id, Jakarta – Pegiat media sosial Eko Widodo menyoroti Roy Suryo yang sekarang sudah menjadi tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur.

Lebih lanjut lagi, Eko Widodo juga membandingkan penetapan Roy Suryo sebagai tersangka dengan beberapa orang yang pernah mengedit serta menggunakan wajah Anies Baswedan dalam sebuah meme dan video.

“Armando edit wajah Anies, aman. Permadi edit video Anies, aman. Ruhut hina adat Papua, aman, Roy Suryo repost editan wajah Jokowi, langsung Tersangka,” ujar Eko Widodo, dikutip dari Twitter @ekowboy2, Sabtu 23 Juli 2022.

“Hukum tumpul ke buzzer peliharaan, DIMANA KEADILAN!!!” lanjut Eko Widodo.

Cuitan Eko Widodo Soal Roy Suryo Jadi Tersangka (Twitter @ekowboy2)

Sebagai informasi, pada bulan November 2009, Ade Armando mengunggah sebuah meme tokoh fiksional Joker yang wajahnya mirip dengan Anies Baswedan.

“Gubernur Jahat Berawal dari Menteri yang Dipecat,” bunyi keterangan dari meme Joker mirip Anies Baswedan, dikutip dari cnnindonesia.com, Sabtu 23 Juli 2022.

Akibat unggahan tersebut, para pendukung Anies Baswedan menilai Ade Armando telah mengejek mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Diketahui bahwa pada Jumat 1 November 2019, Fahira Idris selaku anggota DPD RI telah melaporkan Ade Armando meme Anies Baswedan ini kepada SPKT Polda Metro Jaya.

Selanjutnya adalah kejadian yang melibatkan politikus PDIP, Ruhut Sitompul. Ruhut Sitompul telah dilaporkan ke pihak yang berwenang terkait mengunggah meme Anies Baswedan menggunakan pakaian baju adat suku Dani, Papua.

Ruhut Sitompul memposting sebuah meme Anies Baswedan pada tanggal 11 Mei 2022 melalui akun Twitternya @ruhutsitompul.

Dilansir dari detikcom, Sabtu 23 Juli 2022, Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan atau Mega melaporkan Ruhut Sitompul ke Polda Metro Jaya karena dianggap telah menyebarkan kebencian antar suku, ras, dan golongan.

Pada Kamis 7 Juli 2022, pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda memposting video editan yang berisi Anies Baswedan seolah-olah berbicara tentang Aksi Cepat Tanggap (ACT) hanya demi keuntungan semata.

“Pak @aniesbaswedan menjelaskan sistem ACT Aksi Cuan Terus (Parodi) akhirnya jadi jelas setelah dijelaskan pak anies. ngopi gaes. Parodi = humor plesetan buat lucu lucuan,” tulis Abu Janda dalam keterangan video.

Video tersebut merupakan hasil editan dari video Anies yang tayang di saluran YouTube ACT pada 2 Mei 2020. Dalam video yang diunggah ACT, terdapat perbedaan isi pidato Anies dengan video yang diunggah Abu Janda.