Makassar Terkini
Masuk

Singgung Soal Presiden 3 Periode, Amien Rais: Memang Sudah Wataknya

Terkini.id, Jakarta – Wacana soal Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan memperpanjang masa jabatannya menjadi 3 periode menuai tanggapan dari politikus senior, Amien Rais.

Amien Rais ragu dengan adanya keputusan Jokowi yang memutuskan untuk tetap melaksanakan Pilpres pada tahun 2024 mendatang.

Namun penilaian yang dilontarkan oleh Amien Rais tersebut bukan tanpa landasan yang kuat. Menurutnya memang sudah menjadi watak para penguasa di negeri ini yang tak ingin lengser dari jabatannya.

“Saya makin yakin, saya bukan curiga tanpa dasar. Karena watak dari sebuah kekuasaan dimana saja bukan hanya Indonesia itu emoh turun,” ujar Amien Rais dikutip dari Suara, Selasa 31 Mei 2022.

Amien Rais yang telah lama malang melintang di dunia politik ini menambahkan bahwa tidak ada satu orang pun yang ingin turun dari jabatannya.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini melanjutkan bahwa bukan hanya di Indonesia saja para pemimpinnya tamak akan kekuasaan namun juga di sejumlah negara.

“Ini bukan Indonesia saja, tapi seluruh watak manusia di Afrika, Amerika Latin, Amerika dan China sama saja, jadi kita tidak aneh,” ucap Amien Rais.

Dirinya menegaskan bahwa jika setiap pemimpun lebih mengedepankan hati nurani dan akal sehat maka tidak ada pemimpin yang gila akan kekuasaan.

“Cuma dengan akal sehat dan nurani kita, mestinya tidak begitu, kalau sudah dua periode ya dua saja jangan tambah lagi,” tegasnya.