Soal Isu Jokowi 3 Periode, Iwan Fals: Maju Jadi Wakil Ahok atau Rocky Gerung Saja

Terkini.id, Jakarta – Belakangan ini tiba-tiba tersebar isu soal usulan agar Joko Widodo menjabat sebagai presiden selama tiga periode. Hal ini menuai kontroversi sebab konstitusi hanya mengizinkan seorang presiden untuk menjabat maksimal dua periode. Salah satu tokoh publik, Iwan Fals pun menanggapi isu ini.

Ia dengan bercanda mengatakan bahwa mungkin saja Jokowi bisa maju sebagai Wakil Presiden Ahok atau Rocky Gerung.

“Eng ing eng.. hmm kan Cuma boleh 2 kali ya, tapi kalau maju jadi wakil presiden boleh nggak? Cari presidennya siapa gitu, Ahok atau Rocky Gerung umpamanya,” tulisnya di akun twitter @iwanfals pada Minggu, 21 Februari 2021.

Baca Juga: Yusuf Muhammad: Yang Reunian Masih Sibuk Sama Nasi Bungkus, Sementara...

Ada pun terkait isu Jokowi tiga periode yang beredar belum diketahui asal-muasalnya, namun beberapa pengamat politik telah mengemukakan pendapat, salah satunya yaitu Ujang Komarudin.

Ujang Komarudin yang juga merupakan dosen dari Universitas Al Azhar Indonesia memberikan analisa bahwa munculnya isu Jokowi tiga periode dapat ditinjau dari dua sisi.

Baca Juga: Pukulan Telak untuk Ahok, Pengamat: Orang Hebat Menyelesaikan Masalah, Bukan...

Pertama, jika ini dikemukakan oleh masyarakat umum, maka kemungkinan karena mereka tidak tahu bahwa masa jabatan presiden dibatasi oleh konstitusi hanya dua periode.

Namun, kedua, jika keinginan itu dikemukakan orang yang paham politik, maka kemungkinan isu tersebut memang disengaja untuk memperpanjang kekuasaan.

Kemungkinan, hanya berlandaskan pada kekuasaan semata.  “Kalau itu dikemukakan oleh pihak yang selama ini berkecimpung di panggung politik atau berada dalam kekuasaan, maka kemungkinan alasan utamanya hanya ingin nyaman. Lebih pada keinginan melanggengkan kekuasaan,” ujar Ujang pada Kamis, 18 Februari 2021, dilansir dari JPNN.com.

Baca Juga: Pukulan Telak untuk Ahok, Pengamat: Orang Hebat Menyelesaikan Masalah, Bukan...

 

 

Sebelumnya, salah satu politikus Kader Partai Gerindra, Arief Puyono juga pernah berbicara soal Jokowi tiga periode.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, Arief Poyuono mengusulkan agar UUD 1945 diamendemen sehingga Joko Widodo bisa kembali maju sebagai calon presiden pada 2024 untuk periode ketiga.

Hal ini karena ia menilai Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra tidak akan mampu menjadi Presiden RI pada 2024 karena akan kewalahan menghadapi dampak pandemi yang diprediksi berlangsung lama.

“Enggak mampu dia [Prabowo jadi presiden] dalam menghadapi keadaan seperti ini dan pasti kalau dia [Prabowo] maju lawan Jokowi, pasti dia [Prabowo] kalah,” kata Arief Poyuono pada Rabu, 17 Februari 2021, dilansir dari CNNIndonesia.com.

Arief Puyuono menilai bahwa perubahan batas maksimal masa jabatan presiden perlu dipertimbangkan karena tidak ada sosok yang tepat untuk memimpin Indonesia selain Jokowi.

Poyuono mencontohkan bahwa salah satu keberhasilan Jokowi yaitu berhasil membuat ekonomi Indonesia tidak terlalu terpuruk di tengah pandemi.

“Itu keberhasilan dan kemampuan seorang Jokowi untuk mengolah negara di saat krisis,” katanya.

Bagikan