Soal Rumah Mahfud yang Digeruduk, RG: Kalau Bisa Rumah Jokowi Juga di Solo

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Rocky Gerung
Foto: Rocky Gerung, Pakar Politik Indonesia

Terkini.id, Makassar – Peristiwa penggerebekan kediaman Ibunda Menko Polhukam, Mahfud MD di Pamekasan, Madura, Jawa Timur masih mengundang reaksi publik hingga saat ini.

Sebagian ada yang menyayangkan insiden tersebut dikarenakan telah mengganggu ruang privasi Ibunda Mahfud MD.

Meskipun demikian, berbeda dengan pandangan salah satu Pakar Politik Indonesia, Rocky Gerung (RG) yang justru mengatakan bahwa insiden tersebut adalah reaksi jujur dari warga Madura dalam merespon dinamika bangsa saat ini.

Dikutip dari kanal Youtubenya Rocky Gerung Official, Rocky mengatakan bahwa telah ada poros baru dalam politik selain poros Petamburan. 

“Teman-teman Madura itu merasa ada yang kurang pas dengan perlakuan pemerintah terhadap Habib Rizieq, sehingga mereka akhirnya turun tangan untuk memprotes hal itu,” terangnya.

Menarik untuk Anda:

Rocky menganggap hal tersebut merupakan bukti dari kemampuan kritis masyarakat Madura. Ia melanjutkan bahwa pikiran kritis saat ini ada dimana-mana, bukan hanya di Madura.

“Mungkin kalau ada kendaraan yang lebih cepat mereka mungkin akan demo juga di Solo di rumah Presiden Jokowi itu,” kata Rocky.

Lebih lanjut, mantan Dosen Filsafat UI ini menambahkan bahwa insiden yang terjadi di kediaman Ibunda Mahfud MD itu adalah sekedar ekspresi politik yang ditunjukkan warga Madura untuk memberi sinyal bahwa suhu politik sedang meninggi dan tidak stabil saat ini. 

Oleh karena itu, Rocky meminta agar Presiden Jokowi segera mengambil kebijakan yang baik yang bisa meredakan kepanasan politik.

“Madura menyadarkan istana bahwa politik kita hari ini labil dan tidak stabil,” katanya.

Rocky juga menyampaikan bahwa aksi pengepungan dan tindakan turun ke jalan tersebut terjadi karena tidak adanya inisiatif dari pemerintah untuk membuka ruang diskusi atau percakapan bersama masyarakat.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

KMP Koperti UIM Galang Dana Untuk Korban Bencana Gempa Sulbar

IZI Sulsel Kirim Tim Medis dan Siapkan Dapur Umum di Majene

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar