Sosialisasi Pemilu, KPU Sulsel Masuki Wilayah Milenial

Sosialisasi Pemilu, KPU Sulsel Masuki Wilayah Milenial

Terkini.id,Makassar – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel Misna M. Attas mengajak generasi milinial, khususnya pemilih pemula untuk datang ke TPS dan menggunakan hak suaranya. Misna menilai hak suara mereka mampu menentukan arah bangsa.

Dalam rangka menggaet minat milenial, KPU Sulsel mengadakan konser musik dengan tema ‘Pemilih Berdaulat, Negara Kuat’ dan menghadirkan penyanyi papan atas, seperti Adera. Hal itu, kata dia, sosialisasi kepada generasi Milenial sebagai penerus bangsa.

“Sebagai sebuah strategi menghimpun anak muda, mencari tempat, dan mengambil perhatiannya kemudian menyampaikan informasi Pemilu,” kata Misna di Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Jumat, 12 April 2019.

Pada kesempatan tersebut, Misna memaparkan asas Pemilu ihwal Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia (Luber) dan Jujur, dan Adil (Jurdil). Misna juga menguji pemahaman ketatanegaraan generasi Milenial dengan mengajukan pertanyaan terkait Pemilu.

“Siapa yang tahu usia minimal untuk menggunakan hak suara di TPS, bagi yang tahu akan saya beri hadiah,” tanya Misna disertai gemuruh dan angkat tangan.

“Mulai usia 17 tahun, dan bagi yang sudah menikah dini juga bisa menggunakan hak suaranya,” kata Misna.

Misna juga mengimbau sekitaranya generasi Milenial tak menggadaikan negara ini dengan menjual hak suaranya kepada calon tertentu melalui politik uang.

“Jangan menggadaikan negara ini dengan uang seratus ribu,” pungkasnya.

Selain itu, Komisioner KPU Kota Makassar Endang Sari menilai, musik adalah bahasa universal, bahasa yang bisa dinikmati oleh semua golongan, melintasi ras, agama, golongan, ideologi, dan pilihan politik itu sendiri.

“Spirit musik itu yang kita harapkan juga terserap saat Pemilu nanti. Pemilu harusnya dinikmati oleh semua orang, dan menyatukan semuanya,” kata dia.

Diketahui, suara pemilih pemula di Sulsel berkisar 5-7 Persen, sementara angka pemilih milenial di Makassar sekitar 300 ribu orang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Simak, Begini Cara Kemensos Tekan Angka Kemiskinan

Terkini.id,Jakarta - Pemerintah menargetkan satu juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tergraduasi pada tahun 2020."Penetapan target ini seiring dengan tekad Presiden