Tahukah Anda, Menyusun Rapi Uang di Dompet Bisa Membantu Kebiasaan Berhemat

Terkini.id, Makassar – Siapapun sejatinya sangat bisa berhemat, namun jika gaya hidupnya masih saja konsumtif. Maka kemampuan dan juga keinginan untuk berhemat hanya akan tinggal angan-angan belaka.

Keinginan untuk berhemat seharusnya dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang dimulai dari diri sendiri.

Hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membiasakan diri agar lebih berhemat dalam mengeluarkan uang yakni dengan menyusun rapi isi dompet Anda.

Selain uang, biasanya dompet juga digunakan untuk menyimpan kartu, mulai dari kartu ATM, kartu identitas, hingga kartu SIM telepon seluler. Tidak hanya itu, sering juga dompet dijejali berbagai bon, struk belanja, bahkan permen dan perlengkapan kosmetik.

Mungkin Anda menyukai ini:

Nah, bagaiman cara menyusun uang dengan rapi di dompet Anda? Dihimpun dari berbagai sumber, simak tipsnya berikut ini.

1. Buang kertas-kertas yang tak berguna di dompet.

Singkirkan kertas-kertas tak berguna yang menyelip di dompet, seperti catatan belanja yang sudah tidak terpakai atau kartu nama yang tidak lagi dibutuhkan.

Kartu nama sebaiknya diletakkan di tempat tersendiri. Sedangkan untuk bukti pengambilan barang, sebaiknya disimpan di bagian tertentu dalam dompet yang tidak tercampur dengan benda-benda lain.

2. Rapikan kuitansi.

Simpanlah kuitansi atau tanda bukti pembayaran lain did alam dompet atau map khusus. Jangan menaruhnya dalam dompet sehari-hari. Jika tidak lagi diperlukan sebagai alat bukti pembayaran, Anda bisa membuangnya.

3. Atur tata letak kartu.

Setelah membersihkan semua kertas yang tidak terpakai, susun kartu secara berurutan, seperti kartu identitas, kartu kredit, kartu ATM, kartu asuransi, dan lain sebagainya. Urutkan sesuai kebutuhan pemakaian, misalnya, jika kartu ATM lebih sering digunakan, letakkan kartu di tempat yang mudah dijangkau.

4. Susun uang secara berurutan.

Susun letak uang secara berurutan sesuai besaran angka. Misalnya, uang seribu rupiah diletakkan di baris paling depan, dilanjutkan dengan nilai nominal yang lebih besar berikutnya. Sebaiknya uang dengan nilai nominal kecil jangan disatukan dengan yang nilai nominalnya besar.

5. Batasi jumlah foto di dalam dompet.

Wanita senang menyimpan foto dalam dompetnya. Tak jarang, jumlahnya lebih dari 1. Ingat, fungsi dompet adalah untuk menyimpan uang, bukan album keluarga. Anda tak perlu membawa semua foto, karena akan membuat dompet tebal dan sempit. Bawa 1-2 foto saja.

6. Singkirkan benda yang tak diperlukan.

Singkirkan benda-benda yang tak perlu, seperti klip kertas, permen, tisu, dan lainnya. Benda-benda ini akan mengotori dan membuat dompet penuh. Begitu pula dengan alat-alat kecantikan, simpanlah dalam wadah terpisah.

Nah, itulah beberapa tips agar isi dompet Anda terlihat rapi. Hal itu memungkinkan Anda untuk hidup lebih berhemat.

Bagikan