Tanam Bibit Terumbu Karang, Cara HIMABIO UNM Kampanye Pemuda Hijau 2019

Tanam Bibit Terumbu Karang, Cara Himabio FMIPA UNM Kampanye Pemuda Hijau 2019

Terkini.id,MakassarMPA Gloeocapsa HIMABIO FMIPA UNM melalui kegiatan Kampanye Pemuda Hijau 2019 menggelar penanaman bibit terumbu karang di laut Desa Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu.

Kegiatan Kampanye Pemuda Hijau 2019, adalah  wujud aksi nyata mahasiswa biologi FMIPA UNM sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan di Desa Wiringtasi dan Desa Lero, Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatang mulai 4 hingga 6 Oktober 2019.

Tidak hanya penanaman terumbu karang, kegiatan yang bertema “wujud aksi mahasiswa biologi terhadap pelestarian ekosistem laut melalui penanaman terumbu karang” juga melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan, diantaranya; PLH (Pendidikan Lingkungan Hidup), pelatihan pengelolaan sampah dan bedah film tentang lingkungan.

Pendidikan lingkungan hidup bertujuan untuk memberikan penyadaran terhadap peserta didik khususnya Madrasah Aliah di Desa Wiringtasi  tentang pentingnya melestarikan lingkungan sedangkan pelatihan pengelolaan sampah bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Lero tentang bagaimana mengolah sampah plastik memjadi barang yang berguna dilanjutkan dengan momen spesial yakni Penanaman  Bibit Terumbu Karang didalam laut.

Rangkaikan kegiatan ini dihadiri sekitar 80 peserta, terdiri dari mahasiswa jurusan biologi, utusan dari lembaga pencinta alam baik dalam lingkup UNM maupun dari luar UNM, anggota dari MPA Gloeocapsa HIMABIO FMIPA UNM  itu sendiri dan masyarakat sekitar.

Baca juga:

Ketua Umum MPA Gloeocapsa HIMABIO FMIPA UNM, Idil fitri berharap, kegiatan penanaman bibit terumbu karang di laut desa Lero ini, dapat memupuk rasa cinta terhadap kelestarian kekayaan laut Indonesia.

“Harapan kami, kegiatan ini tidak hanya menumbuhkan kesadaran bagi peserta untuk melestarikan ekosistem laut, tapi juga menumbuhkan semangat bagi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan kekayaan laut. Apa lagi Indonesia memiliki wilayah laut yang cukup luas.,”ujar Idil Fitri.

Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi atas kedatangan adik- adik mahasiswa dari MPA Gloeocapsa. Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat kami khususnya dalam hal pengelolaan sampah dan pelestarian terumbu karang.

“Semoga kedepannya adik-adik mahasiswa bisa kembali lagi untuk memberikan pendidikan yang lebih lagi untuk masyarakat kami tentang pelestarian lingkungan,” ujar Kepala Desa Wiringtasi Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang.

Komentar

Rekomendasi

Bahas Masa Depan Wirausaha, STIE Nobel Makassar Gelar Webinar Kewirausahaan

STITEK Balik Diwa Makassar Gelar Halalbihalal Virtual

STIE PI Makassar Salurkan Bantuan Sembako untuk Mahasiswa

STIE Nobel Indonesia Bakal Gelar Serial Webinar Kewirausahaan

Mahasiswa dan Petani Panen Jagung di Gowa, Bukti Aktfitas Pertanian Tidak Berhenti, Stok Pangan Terjaga

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar