Taruh Nasi Dalam Karung Sebelum Dibagikan, Begini Tradisi Suku Batak Saat Pesta

Terkini.id, Jakarta – Indonesia terkenal memiliki beribu-ribu suku di setiap daerahnya, dan setiap suku memiliki tradisi yang berbeda-beda.

Tidak terkecuali dengan Suku Batak yang memiliki tradisi unik kalau sedang mengadakan pesta, saat menggelar pesta warga Batak biasanya berkumpul dan bersuka cita.

Seperti masyarakat pada umumnya, tuan rumah akan menyiapkan jamuan makanan kepada para tamu, sebagai ucapan terimakasih karena telah datang menghadiri pesta.

Baca Juga: 5 Negara dengan Tradisi Unik Saat Perayaan Natal

Sampai pada akhirnya seorang netizen pengguna akun tiktok @borujabat, mempublikasikan bagaimana keseruan pesta ala masyarakat Batak.

Namun, didalam video yang diunggah pada Selasa, 4 Januari 2022 terdapat hal unik yang banyak menjadi sorotan.

Dikutip dari food.detik.com pada Rabu, 5 Januari 2022 bahwa dalam pesta tersebut, nampak para tamu duduk berkumpul di area yang luas, lalu tuan rumah berkeliling membawa karung berisi nasi.

“Gini amat makan di pesta,” tulis @borujabat.

Nasi yang ada di dalam karung lalu dibagikan kepada para tamu, dengan porsi yang tidak tanggung-tanggung banyak untuk setiap orangnya.

Selain nasi, terlihat juga sayur dan lauk pauk berjejer menjadi jamuan pesta.

Tradisi seperti ini sudah turun temurun dilakukan,  dan masih terus dijaga pelaksanaanya di zaman modern seperti sekarang ini.

Terdapat berbagai pendapat mengenai tradisi ini, banyak yang menganggap bahwa tradisi seperti ini merupakan suatu hal yang jorok dan menjijikkan.

Tapi tidak sedikit pula yang menghargai, bahwa tradisi seperti ini adalah warisan budaya dari Suku Batak.

“Gak higenis gtu sih. ya tau itu adat tp kan gak harus gitu juga. Jaga prokes lah,” kata netizen.

“Kalo boleh tau ini adat apa?? ko ngambil nasi dari karung?? bukannya klo pesta ada tempat untuk ngambil nasi kyk termos yang gede prasmanan,” tanya netizen lainnya.

“Satu nampan gitu utk 1 orang kak? ternyata kebiasaan orang Indonesia macam2 kalau pas pesta,” kata netizen lainnya.

Saat dikonfirmasi pada pemiliki akun yang mengunggah video tersebut, wanita yang akrab dipanggil Sartika ini mengakui bahwa video tersebut benar adat Suku Batak.

Sartika mengabadikan momen tersebut dalam acara pesta di rumah salah satu keluarganya, ia juga memastikan bahwa karung yang digunakan untuk tempat nasi itu bersih dan higienis.

“Benar (pakai karung) tapi karungnya higienis kok. Nasinya juga bersih dan hangat. Ga mungkin kami makan kalau kotor. lauknya rendang enak banget. cuma langsung kenyang liat porsinya,” kata Sartika.

Sartika juga menjelaskan bahwa biasanya tidak hanya nasi yang dimasukkan kedalam karung, tapi juga sayur dan lauk pauk. Dengan tujuan agar dapat membawa dengan porsi besar sekaligus.

“Hampir smua penyajian makan pesta di kampung bgtu. Menggunakan karung atau ember besar. bedanya disini pake nampan dan porsinya besar mkanya heran,” imbuh Sartika yang juga mengaku bangga dan senang bisa mengikuti tradisi Suku Batak ini.

Bagikan