Tempuh Perjalanan Sehari Penuh, Relawan RPI Kunjungi Sekolah Pelosok di Sinjai

Relawan RPI
Relawan RPI bersama murid MIS Al Khairat

Terkini.id, Sinjai – Relawan Pendidikan Indonesia (RPI) melaksanakan Touring Pendidikan yang bertemakan “Mengukir senyum bahagia anak Pelosok Negeri Kabupaten Sinjai”, Sabtu hingga Minggu, 9-10 November 2019, di salah satu sekolah pelosok di Kabupaten Sinjai.

RPI mengunjungi dan berbagi di MIS Al Khairat yang berada di Kampung Paniki, Dusun Bolalangiri, Desa Bontokatute, Kecamatan Borong, Sinjai.

MIS Al Khairat adalah sekolah dasar di bawah naungan Yayasan Al Khairat. SD ini hanya memiliki banguan 1 kelas dengan jumlah siswa 20 anak dengan tingkatan kelas berbeda.

MIS Al Khairat didirikan pada tahun 2012 oleh almarhum Muhammad Dahyat, Kepala Desa waktu itu. Alasan didirikan sekolah tersebut karena di lokasi ada 1 RT yang jumlah anak-anaknya banyak namun tidak bersekolah karena lokasi wilayah ini yang sangat jauh dari sekolah induk.

Maka dari itu, almarhum Muhammad Dahyat berinisiatif membuat sekolah di daerah pelosok tersebut dengan harapan anak-anak di wilayah itu dapat mengenyam pendidikan.

Letak MIS Al Khairat sendiri sangat jauh dari Kota Sinjai. Untuk sampai di sekolah ini, masyarakat harus menempuh perjalanan selama 2 jam dengan kendaraan roda dua, dan lanjut berjalan kaki selama berjam-jam karena akses jalanan yang rusak.

Relawan TPI sendiri harus menempuh perjalanan satu hari penuh dari Kota Makassar.

“Namun alhamdulillah rasa lelah terbayarkan dengan sambutan istri Kepala Desa Bontokatute dan sambutan hangat para warga,” ujar salah seorang relawan RPI, Ahmad Yani, Senin, 11 November 2019.

Dari pantauan Relawan RPI, kata Yani, semangat belajar anak-anak di sekolah tersebut sangat luar biasa dengan segala keterbatasan yang ada.

Agama mayoritas para murid adalah Islam, namun anak-anak di sana banyak yang belum pernah belajar mengaji.

“Bahkan Bismillah pun mereka tidak tahu, dan tentunya ini menjadi pekerjaan rumah RPI dan kita semua sebagai manusia yang peduli pendidikan,” ujarnya.

“Alhamdulillah Info yang kami dapat, salah seorang warga telah menghibahkan tanahnya untuk MIS Al Khairat yang akan direnovasi untuk kenyamanan belajar anak-anak Dusun Bolalangiri,” pungkasnya.

Komentar
Terkini
Sinjai

Pemkab Sinjai Siap Bermitra Dengan KMS UNM

Terkini.id, Sinjai - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai (KMS) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan silaturahmi ke pemerintah Kabupaten Sinjai.Dalam silaturahmi tersebut membahas rencana pelantikan dan