Masuk

Klarifikasi Khalid Basalamah Soal Wayang: Tidak Ada Kata-Kata Saya ….

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah Khalid Basalamah menyampaikan secara langsung permohonan maaf dan klarifikasi soal pernyataannya yang kontroversial terkait wayang.

Secara resmi Khalid basalamah menyampaikan permohonan maaf atas pernyataannya yang sempat menggegerkan publik. 

Selain itu, Khalid Basalamah juga menyampaikan klarifikasi atas pernyataannya soal hukum wayang dan himbauannya untuk memusnahkan wayang.

Baca Juga: Khalid Basalamah: Pintu Surga Dibuka Tiap Senin dan Kamis

“Video ini teman-teman kami buat untuk klarifikasi, sekaligus permohonan maaf tentunya, atas potongan pertanyaan yang diajukan oleh salah satu jama’ah beberapa tahun lalu di masjid blok M di Jakarta,” ujar Khalid Basalamah dalam video yang diunggah channel youtube Khalid Basalamah Official, pada Senin, 14 Februari 2022, dengan judul ‘Tanggapan Terkait Video Tanya Jawab Wayang?’.

“Saya akan coba klarifikasi jawaban kami, saya bagi menjadi tiga bagian (pembahasan) saudaraku seiman dan juga sebangsa dan setanah air,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

“Pertama, lingkupnya adalah pengajian kami, dan jawaban seorang da’i muslim kepada penanya muslim, itu dulu batasannya,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

Baca Juga: Tasyi Athasyia dan Suami Lakukan Kembali Klarifikasi, Ungkap Kebenaran Tentang Tasya Farasya

“Saya saat ditanya masalah wayang saya menyatakan alangkah baiknya, dan kami sarankan, menjadikan islam sebagai tradisi, jangan menjadikan tradisi sebagai islam,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

Kemudian, Khalid basalamah mengaku bahwa dirinya tidak menyebutkan kata ‘haram’, namun ia hanya menganjurkan meninggalkan tradisi yang bertentangan dengan islam.

“Dan tidak ada kata-kata saya di situ ‘mengharamkan’, saya mengajak agar menjadikan islam sebagai tradisi, makna kata ini juga, kalau ada tradisi yang sejalan dengan islam, tidak ada masalah, dan kalau bentrok sama islam, ada baiknya ditinggalkan,” ujar Khalid Basalamah melanjutkan.

Meski demikian, Khalid memang tidak menyebutkan kata ‘haram’ tentang wayang, namun pada cuplikan video lawas pernyataan Khalid basalamah soal wayang, terekam pernyataannya yang mengatakan bahwa islam melarang tradisi wayang.

Baca Juga: Soal Hukum Bunuh Penghina Nabi Muhammad, Ustadz Khalid Basalamah: Boleh, Saatnya Membela Agama!

“Kita muslim, dan muslim ini dipandu oleh agama, makanya saya bilang caranya adalah harusnya islam dijadikan tradisi dan budaya, jangan kita balik, jangan budaya di islamkan, susah,” ujar Khalid dalam cuplikan video lawas yang diunggah channel youtube Santri Wali, pada Senin, 14 Februari 2022, dengan judul ‘Wayang Haram dan Harus Dimusnahkan oleh Ustadz Khalid Basalamah-Cak Nun Murka!’.

“Kalau memang itu peninggalan nenek moyang kita mungkin kita bisa kenang, oh ini tradisinya orang dulu seperti itu, tapi kan bukan berarti harus itu dilakukan sementara dalam islam dilarang!,” ujar Khalid Basalamah dalam video lawas terkait pernyataannya soal hukum wayang.