Ternyata Hamil Tanpa Hubungan Seks itu Memungkinkan Loh! Begini Penjelasannya

Terkini.id, Jakarta – Baru-baru ini ada perempuan yang sedang jadi bahan pembicaraan banyak orang. Pasalnya perempuan ini mengaku hamil namun tak pernah melakukan hubungan seks.

Perempuan tersebut adalah Siti Zainah, perempuan berstatus janda ini berasal dari Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Peristiwa itupun menggemparkan masyarakat dan pemberitaan mengenai kasus yang dialami Siti Zainah menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Mengharukan, Kisah Ayah di Solo Unggah Foto Sepatu Bekas Dibarter...

Mungkinkah seorang perempuan hamil tanpa melakukan hubungan seks?

Dokter spesialis kandungan Hasto Wardoyo, SpOG akhirnya angkat bicara. Melansir dari detikHealth, kemungkinan dari hamilnya perempuan tanpa hubungan seks bisa terjadi.

Baca Juga: Viral Tempat Tidur Atlet Olimpiade Tokyo 2021 Dibikin dari Kardus

Menurut dr. Hasto, kehamilan sendiri membutuhkan proses pertemuan sel telur dan sel sperma.

“Secara fisiologis, terjadinya embrio bisa secara seksual melalui pertemuan sel telur dengan sperma. Ini bisa secara alami melakukan hubungan seks. Baik sadar atau misal, ada yang diperkosa dengan pembiusan sehingga tidak sadar” jelas dr.Hasto dikutip dari detikHealth, Minggu, 14 Januari 2021.

Menurutnya, kehamilan tanpa hubungan seks dapat terjadi. Hal ini dengan mengandalkan inseminasi buatan. Dalam metode ini, sperma dimasukkan ke dalam rahim wanita saat masa subur dengan bantuan dokter.

Baca Juga: Mengharukan, Seorang Kakek Rela Bersepeda Sejauh 15 Km Demi Mendapatkan...

Selain itu pula, dalam dunia medis terdapat sebuah metode yang dikenal sebagai “bayi tabung” atau In Vitro Fertilization (IVF). Berbeda dengan metode sebelumnya, pembuahan sel telur pada metode bayi tabung terjadi di luar rahim. Embrio yang terbentuk kemudian diimplantasikan ke dinding rahim ibu sehingga terjadi kehamilan.

Dr. Hasto juga mengatakan bahwa kasus perempuan asal Cianjur bukanlah hal yang baru. Sudah banyak perempuan yang mengaku mengalami kejadian yang sama. Ia berpendapat bahwa bisa jadi kejadian ini terjadi ketika perempuan tidak sadar.

Hal yang sama diungkapkan juga oleh aktivis perempuan yakni Kalis Mardiasih, dalam cuitan Twitternya yang menanggapi hal ini. Ia menuliskan “Bagaimana jika ia perempuan disabilitas mental yang tak sadar ketika menjadi korban kekerasan seksual sampai hamil hingga akhirnya melahirkan?” tulisnya pada akun @mardiasih, Jum’at, 13 Februari 2021 yang merupakan penggalan dari utas yang ia buat.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Omni Pulomas, dr Caroline Tirtajasa, SpOG(K) juga mengatakan bahwa kasus-kasus kehamilan yang terkuak tanpa melakukan hubungan seks juga sering kali dikaitkan dengan berbagai cerita mistis. Dari sudut pandang medis, kehamilan tidak terjadi dengan cara tersebut.

Jika dilihat kembali pada sejarah lahirnya Nabi Isa a.s, peristiwa perempuan yang hamil tanpa melakukan hubungan seks pernah terjadi di bumi ini ketika Maryam atas izin Allah SWT melahirkan Nabi Isa a.s.

“Kecuali memang terjadi mujizat. Tapi kalau mujizat itu kan bukan ranah dokter,” ujar dr Caroline, dikutip dari detikHealth, Minggu 14 Februari 2021. 

Bagikan