RS Siloam Helat Gathering Komunitas Hemodialisa 

Rumah Sakit Siloam Makassar menggandeng Yayasan Sayang Ginjal Indonesia (IKCC) dan Kalbe Farma menyelenggarakan gathering komunitas Hemodialisa di Function Room lt 9, RS Siloam, jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

Terkini.id,Makassar – Rumah Sakit Siloam Makassar menggandeng Yayasan Sayang Ginjal Indonesia (IKCC) dan Kalbe Farma menyelenggarakan gathering komunitas Hemodialisa di Function Room lt 9, RS Siloam, jalan Metro Tanjung Bunga Makassar.

Head Division Ancillary and Medical Affair dr Johanes Setiawan saat membuka acara tersebut mengatakan

Kegiatan ini untuk menambah pengetahuan bagi pasien-pasien cuci darah dan keluarga, serta yang tidak kalah penting adalah membentuk suatu keluarga bagi pasien-pasien cuci darah.

Keluarga yang dimaksud di sini kata dia adalah keluarga inti (pasangan, orang tua, anak), keluarga sesama pasien cuci darah, dan juga keluarga tenaga kesehatan (dokter, perawat di unit cuci darah).

“Peran keluarga sangatlah penting untuk mendukung para pasien cuci darah untuk menjalani pengobatan mereka,” ujarnya.

Kegiatan yang menghadirkan ahli ginjal itu semakin menarik dan meriah dengan ice breaker dan games dari IKCC, sesi berbagi pengalaman dari para pasien cuci darah, dan juga pemutaran film yang menumbuhkan semangat motivasi bagi para pasien dan keluarga. Kemudian ada pemaparan dari Kalbe Farma mengenai nutrisi tambahan berupa Susu dan Suplemen bagi para pasien.

Dua orang ahli ginjal sekaligus ahli ginjal hadir dalam acara tersebut masing – masing Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD KGH FINASIM SpGK membawakan materi bagaimana peran nutrisi bagi kesehatan pasien-pasien gagal ginjal.

Prof Dr dr Haerani Rasyid SpPD KGH FINASIM SpGK dama materinya menjelaskan bahwa gagal ginjal ada lima tingkatan, untuk pasien-pasien yang sudah harus cuci darah berarti sudah masuk stage lima.

Penyebab dari gagal ginjal kata dia dapat dikarenakan oleh Hipertensi, Diabetes (kencing manis), penyakit ginjal bawaan, infeksi, batu ginjal, penyakit autoimun, dan kegemukan.

“Hal-hal penting bagi pasien gagal ginjal yang sudah harus menjalani cuci darah adalah teratur cuci darah sesuai dangan petunjuk dokter, teratur minum obat , perhatikan asupan nutrisi dan cairan,” tuturnya.

Untuk nutrisi sendiri yang harus dijaga lanjut dia adalah batasi asupan cairan, kurangi asupan kalium (buah yang banyak kalium misalnya pisang, melon, kurangi natrium seperti garam (untuk pasien-pasien yang bengkak, riwayat penyakit jantung, kurangi fosfat, kalau diperlukan tambahkan susu khusus untuk pasien gagal ginjal.

Berita Terkait
Komentar
Terkini