Masuk

Ternyata Menangis Bisa Turunkan Berat Badan, Berikut Faktanya

Komentar

Terikini.id ,Jakarta-Menangis memang bukan sesuatu yang menyenangkan. Hal tersebut mungkin bisa membantu Anda menurunkan berat badan.
Sebuah penelitian membuktikannya.Namun agar bisa kehilangan bobot tubuh hanya dengan mengeluarkan air mata, ada jam-jam khusus yang disarankan.

Banyak orang menganggap jika sering menangis bisa bikin kurus karena stres yang dirasakan selama mengeluarkan air mata. Beberapa studi pun menemukan buktinya. Namun tak semua jenis tangisan bisa mengurangi berat badan. Disarankan pula agar Anda menangis saat malam hari untuk memaksimalkan dampaknya.

Dijelaskan Dr. Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group, ada tiga jenis tangisan yakni Basal, Refleks, dan Fisik. Air mata atau tangisan bertujuan untuk membuat mata tetap lembap. Sedang air mata refleks merupakan hasil dari iritasi sebagai bentuk tubuh memperbaiki diri. Sedangkan air mata fisik adalah yang biasa dikeluarkan karena terpengaruh perasaan dan emosi.

Hal ini memang masuk akal mengingat emosi yang dirasakan ketika kita mengeluarkan air mata karena alasan perasaan. Air mata fisik dapat mengurangi bobot tubuh karena mengurangi tingkat kortisol, sebuah hormon stres yang terkait dengan lemak perut.

Penelitian lain, dikutip dari Healthline juga berpendapat bahwa, alasan menangis dapat menurunkan berat badan yang disebabkan oleh kesedihan dan depresi, berkaitan dengan hilangnya nafsu makan. Selain itu, menangis dapat membakar sejumlah kalori. Jumlah kalori yang terbakar yaitu 1,3 kalori per menit, artinya menangis 20 menit dapat membakar sebanyak 26 kalori dalam tubuh.

Untuk bisa mengurangi berat badan, menurut studi menangis perlu dilakukan antara pukul 19:00 hingga 22:00. Hal tersebut dikarenakan periode puncak untuk mengoptimalkan efek pengeluaran kortison. Karena itu, Anda bisa menonton drakor (drama Korea) atau film sedih di jam-jam tersebut agar bisa sekaligus membantu proses diet.