Masuk

Terungkap, Ternyata Ini Penyebab Angka Kematian Jamaah Haji Indonesia Tinggi

Komentar

Terkini.id – Berdasarkan data yang diterima, tercatat sebanyak 58 jemaah haji Indonesia meninggal dunia dengan penyebab kematian terbanyak adalah penyakit jantung. 

Jemaah haji wafat didominasi jenis kelamin laki laki dari kelompok umur lebih banyak usia di bawah 60 tahun.

Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana, MARS, mengatakan ada tiga faktor yang memengaruhi kondisi kesehatan jemaah haji. 

Baca Juga: Kabar Menggembirakan! Kuota Haji Indonesia 2023 Sebanyak 221 Ribu, Usia Tak Dibatasi

Adapun faktor pertama adalah adanya ancaman suhu dan kelembapan di Arab Saudi, di kala jemaah memiliki banyak aktivitas.

Sementara faktor kedua adalah kondisi kesehatan jemaah haji Indonesia yang didominasi oleh jemaah risiko tinggi karena faktor usia. 

Terakhir, adalah kapasitas tenaga kesehatan untuk merespons beragai masalah dan tantangan saat mengatasi kekambuhan penyakit jemaah.

Baca Juga: Dari Tanah Suci, Gubernur Sulsel: Taqobbalallahu Minna Wa Minkum

“Dengan berbagai cara, angka kematian bisa kita kendalikan, walaupun jemaah lansia, walaupun jemaah punya komorbid, tapi bisa kita kendalikan,” ujarnya.

Menurut Menkes dr Budi, kerentanan kesehatan jemaah dapat diantisipasi melalui penguatan promosi kesehatan. 

Berbagai upaya promosi kesehatan dilakukan tim, mulai dari kampanye #jangantungguhaus dari awal sebelum keberangkatan jemaah haji. 

Selain itu, juga seruan terhadap penggunaan alat pelindung diri terutama saat keluar pondokan dan beribadah. Serta adanya kampanye untuk minum obat teratur bagi jemaah haji risti dan memiliki komorbid.