Three In One, Agupena Tana Toraja Terbentuk, Langsung Action

Terkini.id, Tana Toraja — Yuliaty Pandung S Pd M Pd resmi dilantik sebagai ketua Agupena (Asosiasi Guru Penulis Indonesia) Cabang kabupaten Tana Toraja di aula Paroki Makale Tana Toraja periode 2019-2022 oleh Ketua Agupena Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan. Jumat, 15 November 2019.

Pelantikan tersebut dirangkaikan dengan kegiatan yang sangat berharga bagi pendidik atau tenaga pengajar, antara lain, peningkatan mutu profesionalisme pendidik,kegiatan bulan bahasa indonesia, dan seminar/talkshow.

Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja Drs Anton Toding mewakili Bupati Tana Toraja Ir Nicodemus, pihaknya, sangat mengapresiasi kegiatan bulan bahasa dan seminar yang dipelopori oleh MGMP SMP mata pelajaran bhs indonesia se-Tana Toraja.

Di hadapan para peserta, Anton Toding menorehkan beberapa harapan sekaligus peluang dan tantangan kepada pendidik.

“KKG/MGMP harus terus aktif menjadi fasilitator sharing problem pembelajaran, memecahkan masalah (problem solving), yang bermuara kepada peningkatan kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang pendidik di tempat tuga satuan pendidikan,” ungkapnya.

“Guru milenial harus mampu tampil pragmatis dalam mengembangkan style pembelajaran dan karakter dirinya dalam melaksanakan tupoksinya,” harap Anton

Selain itu, Ketua Agupena Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Muh Ardy Ali S Sos MM berharap dukungan yang telah diberikan pemerintah Tanah Toraja ini bisa dicontoh, dan seluruh stakeholder di Tanah Toraja guna jalannya roda organisasi Agupena cabang Tanah Toraja.

Materi yang disampaikan Muh Ardy adalah Magnet Menulis Ala Agupena. Ia pun menitip nilai spirit dalam kegiatan ini.

“Untuk menjadi guru bahasa indonesia yang hebat menulis wajib memiliki spirit, ‘pengetahuan, keikhlasan, kegigihan, kolegalitas dan kebersamaan,” tegasnya.

Ditambahkan pula, pengawas Bhs Indonesia, Netty Sonda S Pd, daya selingkung untuk tulisan ilmiah hendaknya di cermati, dan sebagai seorang pendidik guru mapel bhs indonesia hendaknya terus bereksistensi dan mengembangkan keilmuannya dalam menghadapi era 4.0.

Kegiatan yang bertemakan “maju bahasa dan sastra, maju indonesia” dengan subtema yang diusung “meningkatkan kompetensi, dan integritas guru melalui eksistensi bahasa dan sastra indonesia sebagai wujud karakter bangsa menuju era milenial 4,0” dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata oleh ketua Agupena Sulsel berupa buku produk Agupena Sulsel yang berjudul, PrasastiPena Mama (Magnet Menulis Ala Agupena) dan Buku Suara Spasi (Seikat Pena Inspirasi) antologi puisi yang ditulis oleh kader Agupena dan Simpul Pena Agupena sebagai simbol motivasi pengurus baru agupena disulsel.

Turut hadir dari kalangan Dosen sebagai narasumber.

Terakhir, sebelum ditutup kegiatan ini, Agupena Tana Toraja langsung action yaitu dengan melaunching websitenya sebagai media publikasi dan interaktif pengurus Agupena Tana Toraja demi pengabdian kepada masyarakat luas.

Berita Terkait