Tiga Pekan Terakhir, Komunitas Jumat Berbagi Serahkan Makanan ke Jemaah Masjid

Komunitas Jumat Berbagi
Komunitas Jumat Berbagi Serahkan Makanan ke Jemaah Masjid

Terkini.id, Gowa – Selama tiga pekan terakhir, Komunitas Jumat Berbagi intens menyerahkan makanan (nasi dus) usai melaksanakan ibadah salat Jumat. Hal Ini terjadi di Masjid Nurul Jihad Manggarupi, Somba Opu, Kabupaten Gowa, Jumat, 2 Juli 2019.

Dari hasil pantauan, secara tertib, satu persatu jemaah menukarkan kupon yang telah dibagikan sebelum sholat jumat dengan nasi dus yang tengah disiapkan panitia.

Koordinator (KJB) Komunitas Jumat Berbagi, Ardi mengatakan, hal itu sebagai wadah berbagi keberkahan dengan menyalurkan sedekah dengan fokus pada makanan dari para donatur, baik itu dari anggota komunitas maupun dari jemaah yang berada di lingkungan sekitar masjid.

“Alhamdulillah setelah di jumatan pertama kami membagi 300 (nasi) dus, dan di jumatan kedua 350 dus, hari ini kami membagikan 450 dus untuk para jamaah,” tutur Ardi.

Bila komunitas lain, umumnya berbagi makanan di pinggir jalan ke para pengendara, KJB justru fokus ke jemaah salat jumat Masjid Nurul Jihad. Lantaran keterbatasan panitia, saat ini, belum semua jemaah dari 650-an yang ikut salat jumat bisa dilayani.

“Karenanya, panitia membagikan kupon kepada para jemaah yang datang ke Masjid di waktu awal hingga kupon habis terbagi,” terangnya.

Sekretaris Pengurus Masjid, Marwan sekaligus inisiator kegiatan ini menyatakan, Jumat Berbagi juga menjadi sarana silaturahim antar jemaah.

“Karena kami tidak membeda-bedakan jemaah walaupun dari latar belakang dan golongan berbeda, siapa saja bisa duduk ngobrol dan menikmati makan bersama,” ungkapnya.

Dia mengatakan memberdayakan jemaah di sekitar masjid yang aktif salat berjamaah. Saat ini terdapat 5 jemaah yang diberdayakan dan menyiapkan nasi dos setiap Jumatan.

“Mudah-mudahan bisa membantu perekonomian keluarga mereka,” kata dia.

Beberapa anggota remaja masjid mengenakan rompi berwarna biru dongker terlihat begitu sibuk membagikan nasi dus. Makanan tersebut hasil sumbangan dari para donatur, ada juga donatur yang mengantarkan langsung nasi dus siap santap sebelum sholat Jumat.

“Keputusan pemilihan hari jumat lantaran dianggap sebagai hari paling berkah untuk berbagi sedekah,” ungkap Haris Umar, Ketua Pengurus Masjid.

Dia mengatakan, terus berusaha memberi pelayanan terbaik demi kenyamanan jemaah dalam beribadah.

Saat ini, kata dia, pihaknya juga tengah menyediakan dispenser air minum gratis buat jemaah yang hendak menyeruput kopi atau teh di sela-sela waktu salat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
News

Jokowi Tunjuk Prabowo Jadi Menteri Pertahanan

Terkini.id, Jakarta - Pertanyaan tentang mantan Rival Jokowi, yakni Prabowo Subianto bakal menjadi menteri pertahanan di kabinet kerja jilid II terjawab sudah.Prabowo yang merupakan