Tim Siaga Diinstruksikan Siapkan Titik Pengungsian Korban Banjir Gowa

Terkini.id, Gowa – Tim siaga bencana di posko bencana yang ada di sejumlah titik di Kabupaten Gowa mulai menyalurkan makanan hingga membentuk titik-titik pengungsian bagi korban terdampak banjir. 

Hal ini dilakukan setelah dilakukan evakuasi kepada sejumlah korban terdampak banjir oleh tim siaga bencana yang terdiri dari Tim Tanggap Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup serta Palang Merah Indonesia (PMI) Gowa di beberapa titik, Selasa 7 Desember 2021.

Kepala Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Gowa Ikhsan Parawansah mengatakan, salah satu titik lokasi evakuasi banjir yang dilakukan tim siaga bencana yakni di BTN Mutiara Permai, Jalan Yusuf Bauty. 

Baca Juga: Gempa Bumi M 5,4 Guncang Buru Selatan Maluku, BMKG Sarankan...

Dimana dalam proses evakuasi yang dilakukan tim berhasil mengevakuasi sebanyak 8 kepala keluarga ke Masjid Nurul Jihad sebagai lokasi pengungsian sementara. 

“Kita sudah siap siaga sejak BMKG merilis adanya potensi hujan lebat di 5 hingga 7 November 2021,” katanya. 

Baca Juga: Himbau Warganya Hati-Hati Jika Pergi ke Indonesia, Amerika: Teroris Bakal...

Lanjutnya, bentuk kesiapsiagaan tersebut dilakukan dengan membuat posko siaga bencana untuk menghadapi kemungkinan terburuk. 

Bahkan pembuatan posko siaga bencana ini telah diintruksikan mulai di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan. 

“Tujuannya ketika terjadi bencana banjir yang terjadi di titik-titik rawan kita bisa langsung mengambil langkah cepat ke lokasi itu,” jelasnya. 

Baca Juga: Himbau Warganya Hati-Hati Jika Pergi ke Indonesia, Amerika: Teroris Bakal...

Selain mengevakuasi korban, pihaknya juga telah menyalurkan beberapa bantuan berupa makanan instan dan makanan siap saji agar ketika masyarakat mengungsi tidak merasa kekurangan makanan yang merupakan kebutuhan utama mereka. 

“Logistik atau kebutuhan dasar kami siapkan seperti makanan instan, paket sembako atau makanan siap saji dan kita juga siapkan dapur umum,” bebernya.

1 2
Selanjutnya
Bagikan