Tinggalkan Kebiasaan Tidur yang Ternyata Hanyalah Mitos

Kebiasaan Tidur
Ilustrasi kebiasaan sebelum tidur. (foto: go-dok.com)

Terkini,id, – Banyak orang keliru menerapkan kebiasaan tidur selama ini bahkan telah menjadi budaya yang tidak menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Kebiasaan menjelang tidur seperti apa yang berkembang di masyarakat dan membuat pola tidur malah menjadi berkurang dan tidak teratur?

Tidur yang cukup seharusnya membuat tubuh menjadi sehat dan tidak mudah merasa mengantuk siang harinya.

Beberapa kebiasaan menjelang tidur yang dipercayai banyak orang menyehatkan ternyata selama ini hanyalah mitos atau sesuatu yang tidak benar sehingga perlu diluruskan. Melansir dari hellosehat.com berikut beberapa kebiasaan tidur yang hanyalah mitos belaka.

1. Sebelum tidur minum alkohol supaya cepat mengantuk
Minum alkohol sebelum tidur diyakini bisa membuat seseorang menjadi tidur lebih nyenyak. Namun faktanya semua hal itu hanyalah mitos karena minum alkohol termasuk kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Alkohol awalnya memicu kantuk namun beberapa jam setelah meminumnya akan menimbulkan berbagai reaksi, seperti denyut jantung menjadi lebih cepat dan meningkatnya hormon stress.

Selain itu efek kafein dalam alkohol bersifat diuretic yang membuat Anda akan berkali-kali buang air kecil yang bisa mengganggu tidur. Efek itu akan membuat tubuh menjadi lesu dan lelah keesokan harinya.

Sebaiknya hentikan secara total kebiasaan mengonsumsi alkohol sebelum tidur jika tidak ingin kesehatan tubuh terganggu.

2. Boleh tidur larut malam asal bisa bangun siang
Kebiasaan tidur larut malam dan bangun siang hari, menjadi pola tidur kebanyakan anak-anak muda. Merasa bisa memenuhi waktu jam tidur 7-9 jam per hari. Namun nyatanya kebiasaan seperti ini membuat pola tidur menjadi berantakan. Tubuh akan kesulitan menyesuaikan diri jika akan tidur lebih awal dan bangun lebih

3. Nonton TV sebelum tidur supaya cepat mengantuk
Pada kenyataannya apa yang dipercaya orang bahwa menonton TV bisa membuat tubuh lebih rileks dan cepat untuk tertidur ternyata tayangan TV malah bisa membuat tubuh kesulitan tidur. Selain acara TV membuat penasaran untuk terus menonton juga cahaya biru dari TV bisa mengganggu tidur. Bahkan membuat mata akan lebih terbuka karena memperlambat produksi hormon melatonin yang membuat tubuh tetap terjaga.

Kadar hormon melatonin rendah akan membuat tubuh kesulitan untuk tidur sehingga melelahkan tubuh ketika bangun keesokan harinya.
Sebaiknya tinggalkan cara ini untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup dan membantu tubuh untuk tetap kuat dan fit keesokan harinya.

4. Tidur dengan kipas angin membuat tubuh nyaman dan terlelap
Kebiasaan tidur menggunakan kipas angin yang dirasakan bisa membebaskan tubuh dari rasah gerah, namun cara ini memberikan efek samping bagi tubuh. Suhu dingin dari terpaan kipas angin membuat otot menjadi tegang dan menimbulkan rasa nyeri dan kaku.

Selain itu, jika tertidur dengan baju yang basah oleh keringat dan menjadi kering oleh hempasan kipas angin akan membawa dampak yang merugikan kesehatan tubuh. Tubuh akan mudah terserang penyakit paru-paru basah dan penyakit lainnya akibat kebiasaan tidur yang tidak baik seperti ini.

Sebaiknya tinggalkan kebiasaan-kebiasaan tidur yang tidak menyehatkan seperti di atas.

Berita Terkait
Komentar
Terkini