Tingkatkan Kesadaran Wisata, Warga Bentuk Kampung Lembanna Tappanjeng

Terkini.id, Gowa – Untuk meningkatkan kesadaran wisata masyarakat, Pemerintah Kelurahan Pattapaang bersama para tokoh masyarakat membentuk pengelola wisata Kampung Lembanna Tappanjeng (KALENTA).

Sekretaris KALENTA, Eko Saputra menjelaskan, setelah melakukan beberapa pertemuan dan melalui proses yang panjang, Pemerintah Kelurahan Pattapaang dan pemerintah setempat serta tokoh masyarakat berhasil meyakinkan masyarakat yang diundang dalam rapat untuk segera mewujudkan terbentuknya KALENTA. 

KALENTA berada dalam naungan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pattapaang. 

Baca Juga: TNI-Polri Bersama Relawan, Melakukan Ini Saat di Lembanna Bawakaraeng

Terbentuknya KALENTA diharapkan menjadi awal upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti penting pariwisata dalam pembangunan Kampung Lembanna Tappanjeng.

“Di samping itu KALENTA diharapkan mampu meningkatkan peran serta masyarakat secara langsung dalam pengembangan pariwisata agar memperoleh manfaat seoptimal mungkin melalui kesempatan berusaha,” ungkap Eko, Kamis, 8 Juli 2021.

Baca Juga: Masuk Pintu Lembanna, Ada Petugas Posko Tim Protokol Kesehatan,

Eko berharap, agar KALENTA mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kampung Lembanna Tappanjeng baik secara dinas maupun adat. 

“Atas doa kita bersama, semoga Allah SWT memberikan anugerah dan berkah untuk menyukseskan pembangunan pariwisata nasional khususnya di Kampung Lembanna,” imbuhnya. 

Eko menyampaikan dengan resminya terbentuk pengelola dan disahkan melalui akta notaris, maka Kawasan Hutan Pinus Lembanna diharapkan akan bisa tertata dengan lebih baik. 

Baca Juga: Masuk Pintu Lembanna, Ada Petugas Posko Tim Protokol Kesehatan,

Owner Waroeng Kopi Lembanna ini menyampaikan, dulu ada sejumlah bantuan dan CSR yang ingin masuk, tetapi karena belum ada struktur pengelola yang jelas, sehingga bantuan tersebut terkendala. 

“Kini Kawasan Hutan Pinus Lembanna ini sudah punya pengelola yang resmi dan disahkan melalui akta notaris juga. Kami berharap setelah ini segenap pihak ikut terlibat untuk membantu menata,” harapnya. 

Eko juga berharap ada bantuan dari segenap pihak untuk membantu membenahi lapak pedagang yang berjejer mengelilingi kawasan hutan pinus. 

“Tentu kami bersyukur jika ada pihak yang membantu membangun lapak yang lebih bagus lagi,” harapnya.

Bagikan