Tingkatkan Pelayanan, PD Pasar Makassar Jajaki Kerja Sama dengan GoJek

pasar makassar
Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya menjajaki peluang kerja sama dengan GoJek. Pasar Makassar berharap kerjasama dengan perusahaan teknologi aplikasi jasa bisa memperluas pelayanan Pasar Makassar ke masyarakat

Terkini.id, Makassar – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya menjajaki peluang kerja sama dengan GoJek. Pasar Makassar berharap kerjasama dengan perusahaan teknologi aplikasi jasa bisa memperluas pelayanan Pasar Makassar ke masyarakat.

“Semua produk yang ada di pasar bisa dijual lewat aplikasi,” ungkap Direktur Operasional PD Pasar Makassar Raya Saharuddin Ridwan, Rabu 19 Februari 2020.

Menurut Sahar, perkembangan digitalisasi membuat strategi PD Pasar juga berubah. Masalah yang dihadapi pedagang di pasar adalah persaingan secara offline dengan mini market. Secara online mereka kalah bersaing dengan perubahan perilaku masyarakat yang cenderung lebih senang pesan makanan lewat aplikasi.

“Masyarakat ebih suka pesan makanan jadi ketimbang masak sendiri,” katanya.

Dengan kolaborasi bersama perusahaan teknologi jasa, Sahar berharap produk-produk yang umum dijual di pasar-pasar tradisional bisa kembali terangkat. “Kita akan bekerja sama dengan 10 ribu mitra GoJek. Mereka siap pasarkan produk di pasar tradisional,” kata sahar.

Program Kembali ke Pasar

Menarik untuk Anda:

Selain pemasaran online, PD Pasar juga sedang merancang gerakan kembali ke pasar. Mengajak warga Makassar agar tertarik dan betah berbelanja di pasar tradisional.

“Di pasar itu produknya segar-segar. Bisa tawar-menawar harga,”

“Belanja di pasar sama saja memberdayakan pedagang kecil,” kata sahar.

Alat pembayaran di beberapa pasar tradisional juga mulai dibuat digital. PD Pasar sudah bekerjasama dengan LinkAja untuk melayani pembayaran non tunai.

Jumlah pedagang yang tercatat di pasar-pasar Kota Makassar sekitar 6 ribu. Mereka berjualan di dalam ruko, kios, atau lapak-lapak.

Setiap hari PD Pasar memungut retribusi Rp 5 ribu untuk setiap pedagang. Potensi pendapatan PD Pasar Rp 30 juta setiap hari.

“Dengan adanya kolaborasi diharapkan pendapatan pedagang semakin meningkat. PD Pasar juga bisa mendapatkan manfaat. Karena bisa melayani pedagang. Pasar akan semakin ramai,” ungkap Sahar.

Sahar berjanji akan menjadikan pasar tradisional lebih bersih dan modern. Menjadikan pasar tempat bercengkrama yang nyaman seperti di warung-warung kopi.

“Juga tempat wisata. Menyegarkan mata dan perasaan,” ungkapnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Masa Pandemi, Perusahaan Material Konstruksi Perkuat ‘Jualan’ lewat Website

Gotukang Ekspansi ke Jawa Timur, Bisnis Jasa yang Tetap Dibutuhkan Saat Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar