Makassar Terkini
Masuk

BI Sulsel Kolaborasi Kementerian Perdagangan Soal SIAP QRIS, Sasar Mal dan Pasar Tradisional

Terkini.id, Makassar – Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan melakukan Kick Off Program SIAP QRIS Pasar dan Mal tahun 2022.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana, menyampaikan kebijakan sistem pembayaran menggunakan QRIS. 

Ia mengatakan BI berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan mengusung Program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) untuk pasar tradisional dan mal. 

Melanjutkan kesuksesan SIAP QRIS di tahun 2021, maka pada tahun 2022 terdapat 30 lokasi pasar di 24 Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan yang menjadi target program SIAP QRIS. 

Per akhir Januari 2022, jumlah merchant QRIS di Sulawesi Selatan sudah mencapai lebih dari 522.694 merchants atau tumbuh sebesar 172% (yoy), dengan 38 Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank (LSB) yang memberikan layanan dan memfasilitasi pendaftaran QRIS di Sulawesi Selatan. 

Jumlah tersebut didominasi oleh merchant sektor UMKM dengan porsi sebesar 83,38% atau 436.615 merchants.

QRIS juga membantu Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) untuk pembayaran pajak dan retribusi, mendukung digitalisasi perdagangan dan investasi, serta menjaga stabilitas makroekonomi dengan memperluas penyelesaian transaksi menggunakan mata uang lokal.