Tingkatkan Wawasan tentang Tokoh-Tokoh Teater Lewat Program Ini

Kala Teater

Terkini.id, Makassar – Salah satu program Kala Teater yang telah digagas sejak tahun 2019 adalah Kelas Teater. Kelas Teater merupakan program yang mendiskusikan pemikiran dan metode teater tokoh-tokoh teater Indonesia dan dunia.

Pada tahun ini, Kala Teater akan melaksanakan Kelas Teater selama 4 bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga April 2020 mendatang.

Tokoh-tokoh yang akan dibahas antara lain, Robert Wilson, Sarah Kane, Suyatna Anirun, Richard Boleslavsky, William Shakespeare, Anton Chekhov, Saini Km, Tuti Indra Malaon, Asrul Sani, dan Ikranagara.

Tokoh-tokoh tersebut akan dibahas oleh pemateri-pemateri yang sudah cukup lama bergelut di bidang seni yaitu Damar Tri A, Shinta Febriany, Yudhistira Sukatanya, Ram Prapanca dan beberapa narasumber lainnya.

Damar Tri A akan membawakan kelas pembuka yang membahas tokoh Robert Wilson pada 22 dan 23 Januari 2020. Damar Tri A merupakan dosen di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan.

Dia mendirikan Pusat Studi Estetika (PUSTIKA) dan baru-baru ini menerbitkan kumpulan esainya dalam buku Dialektika Seni, esai-esai ekstra-estetik. Tesisnya fokus membahas seni rupa pertunjukan.

Kelas Robert Wilson akan fokus membahas kerja seni rupa dalam karya Robert Wilson. Beliau adalah seorang sutradara dan perancang panggung asal Amerika yang disebut-sebut sebagai seniman teater paling penting di abad ke-20.

Lebih dari enam puluh teater postmodern karyanya telah dipentaskan termasuk pertunjukan I La Galigo. Karyanya sering dijuluki sebagai ‘teater visual’ (theatre of visuals) atau ‘teater gambar’ (theatre of images).

Kelas Teater dilaksanakan di Studio Kala Teater, Kompleks Griya Barombong Blok K No.10 Makassar. Peserta terbuka untuk umum dan berbayar Rp100.000 untuk setiap satu tokoh.

Informasi lebih lanjut dan pendaftaran Kelas Teater dapat menghubungi koordinator Kelas Teater, Nirwana Aprianty melalui whatsapp 0882 4245 8000.

Komentar

Rekomendasi

Peringati Hari Kanker Sedunia, Karyawan Best Western Makassar Kenakan Pita

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Orang Pertama di Indonesia yang Diangkat Jadi PNS

Unik dan Kreatif, Pete-pete di Makassar Punya Perpustakaan, Ac Hingga Colokan Listrik

Warga Kecamatan Rappocini Antusias Sambut Gerakan Makassar Mendonor

Mantan Menteri Keuangan RI Wafat, Begini Kenangan Sandiaga Uno

HUT ke-60, 18 Pasien Bibir Sumbing Berhasil Dioperasi di RS Sultan Daeng Radja

Literasi Keuangan Ala Hendry Sidarta, Berikut Tipsnya

Anak Adopsi Ini Balas Jasa Orang Tua Angkatnya yang Miskin dengan Rumah Mewah

Begini Harapan Vivi AM Haryono di Tahun Baru Imlek 2571

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar