Tips Mudah dan Murah Kuatkan Imunitas di Tengah Pandemi Ala Dokter Wachyudi

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, Wachyudi Muchsin

Terkini.id — Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Makassar, Dokter Wachyudi Muchsin berbagi tips mudah dan murah untuk menguatkan imunitas di tengah pandemi. 

Yudi mengatakan kebahagiaan bisa menangkal virus Covid-19. Menurutnya, kebahagian tidak datang dari luar, tetapi berasal dari dalam diri.

“Kalau kita bahagia, imun alami akan muncul, dan menghalau segala jenis virus, termasuk Covid-19,” kata dokter Yudi, sapaanya, Jumat 25 September 2020.

Yudi menjelaskan bahwa ada dua jenis hormon kebahagiaan, yakni endorfin dan serotonin.

Endorfin dikenal sebagai pereda nyeri, dan sebenarnya sudah terkandung secara alami di dalam tubuh. 

Menarik untuk Anda:

“Tergolong sebagai hormon kebahagiaan, endorfin berperan dalam meredakan gejala depresi, stres, dan kecemasan,” kata dia.

Selain itu, endorfin juga membantu meningkatkan harga diri (self-esteem), mengurangi berat badan, dan mengurangi sakit saat persalinan.

Lebih lanjut, dokter koboi tersebut menjelaskan bahwa serotonin mirip dengan dopamin, yang merupakan hormon sekaligus neurotransmitter dalam mengatur suasana hati. 

Selain perihal mood, serotonin juga berperan dalam siklus tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan bernalar, dan daya ingat.

Hormon ini, kata dia, menjalankan fungsi penting untuk kinerja tubuh, mulai dari sistem reproduksi hingga suasana hati. 

Sesuai namanya, kedua hormon ini merangsang kebahagiaan dan kesenangan diri. Keseimbangan hormon-hormon tersebut berkaitan dengan suasana hati, dan berpotensi menyebabkan masalah jika terganggu keseimbangannya.

“Meningkatkan imunitas bisa dengan nonton, olahraga, baca buku atau koran, yang intinya menghibur buat enjoy,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Solid dan Kompak, Danny Bawa Formasi Lengkap ke Pulau Sangkarrang

Siap Menangkan ADAMA, Warga Barang Lompo Punya Ekspektasi Besar Terhadap Danny Pomanto

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar