Traveloka dan Tokopedia Bakal Garap Bisnis Umrah, Difasilitasi Arab Saudi dan RI

umrah, traveloka,
Dok Kemenkominfo

Terkini.id, Makassar – Dua perusahaan startup Indonesia yang berstatus decacorn, yakni Tokopedia dan Traveloka mendapat peluang untuk menggarap bisnis umrah.

Peluang itu muncul saaat Indonesia dan Arab Saudi menjalin kerja sama baru dalam bidang industri digital.

Kedua negara tersebut sepakat untuk mengembangkan potensi ekonomi digital, terutama berkenaan dengan kegiatan umrah.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara yang mewakili Indonesia dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama Menteri Komunikasi dan Teknologi Informasi Arab Saudi, Abdullah Alswaha, mengatakan bahwa umrah merupakan pasar potensial untuk kedua negara.

“Kami berkomitmen menjadikan kerjasama ini tidak sekedar MoU atau Memorandum of Understanding, melainkan MoA, yakni Memorandum of Action,” kata Rudiantara melalui keterangan resminya..

“Pasar umrah merupakan captive market yang potensial, baik untuk Arab Saudi maupun Indonesia. Karena semua umat Muslim akan menunaikan ibadah umrah,” lanjutnya.

Dalam kerja sama tersebut, Indonesia dan Arab Saudi akan mengembangkan program “Umrah Digital Enterprise” sebagai platform digital untuk para calon jemaah.

Program ini juga akan melibatkan Tokopedia dan Traveloka sebagai perwakilan dari Industri Indonesia.

Umrah Digital Enterprise nantinya diharapkan akan menjadi sebuah platform yang dapat melancarkan kerja sama kegiatan umrah oleh kedua negara dengan memberikan pengalaman ibadah yang lebih efisien dari segi biaya dan waktu.

“Saya meyakini kemitraan ini sangat unik dan istimewa. Kami berkolaborasi bersama dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Saya percaya kita bisa melakukan hal-hal yang lebih luar biasa,” ujar Abdullah Alswaha di Riyadh usai penandatanganan MoU.

Selain itu, Indonesia dan Arab Saudi bakal menggelar diskusi teknis agar program tersebut dapat segera direalisasikan.

Indonesia dan Arab Saudi turut melakukan pertukaran ahli serta melakukan kerja sama dalam bentuk pelatihan guna memberdayakan UKM serta ekosistem pendukungnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Parepare

SMP Negeri 13 Parepare Sepi Pendaftar

Terkini.id,Parepare - Salah satu sekolah di kota Parepare mengalami penurun jumlah pendaftar pada penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019, adalah Sekolah Menengah Pertama