UAS: Jangan Kamu Caci Maki Orang yang Menyembah Selain Allah

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah kondang, Ustadz Abdul Somad atau UAS dengan tegas meminta kepada umat Islam agar tak mencaci maki orang-orang yang menyembah selain Allah SWT.

Hal itu disampaikan UAS saat didaulat menjadi pembicara dalam tausiyah yang diselenggarakan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) secara virtual, Senin 8 Februari 2021, dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

“Jangan kamu caci maki orang yang menyembah selain Allah,” ujar UAS dalam tausiyahnya itu.

Baca Juga: UAS Sebut Makan Babi Bisa Saja Halal, Ferdinand: Jangan Sampai...

Kendati demikian, namun UAS juga menegaskan bahwa dalam Islam menyembah selain Allah SWT merupakan dosa besar dan tak terampuni karena tergolong syirik.

“Ada orang mati dalam keadaan Syirik neraka jahanam kekal selama-lamanya,” ungkapnya.

Baca Juga: Cek Fakta: UAS Dikabarkan Meninggal Dunia, PA 212 Ikut Berduka

Menurut UAS, mencaci maki orang yang menyembah selain Allah tidak diperbolehkan lantaran nantinya orang tersebut bisa membalas mencaci Allah.

“Mencaci orang yang menyembah selain Allah tidak boleh, kenapa? Karena kalau kamu caci orang yang tidak menyembah Allah nanti mereka akan balas mencaci Allah tanpa ilmu dan akan terjadi konflik yang luar biasa,” jelasnya.

Mengutip Kumparan.com, Ustadz Abdul Somad dalam tausiyahnya itu juga mengingatkan kepada umat agar tidak boleh menggeneralisir sesuatu hal.

Baca Juga: Pendakwah UAS: Makan Babi Tidak Selamanya Haram, Bisa Saja Halal

UAS pun lantas memberi contoh dari perjanjian Madinah antara umat Islam dan kaum Yahudi.

“Ketika Nabi Muhammad sampai ke Kota Al-Madinah pindah dari Makkah ke Madinah di sana beliau berhadapan dengan non muslim Yahudi dari kalangan Bani Nadhir, Bani Quraizha, dan Bani Qainuqa. Maka dibuatlah perjanjian yang diterjemahkan dalam literatur Indonesia dengan piagam Madinah,” ujarnya.

Bagikan