Ustadz Abdul Somad: Ayat Poligami Justru Nyuruh Kurangin Jumlah Istri

Terkini.id, Jakarta – Beredar video lawas Ustadz Abdul Somad (UAS) yang menyatakan ayat Al-Qur’an tentang poligami justru bermaksud perintah mengurangi jumlah istri.

Mulanya, salah satu jama’ah yang tidak disebutkan identitasnya, bertanya kepada Ustadz Abdul Somad tentang ajaran poligami dalam islam.

Kemudian, Ustadz Abdul Somad, akrab dengan panggilan UAS, menjelaskan bahwa sebenarnya ayat tentang poligami dalam Al-Qur’an itu bermaksud untuk memerintahkan para pria mengurangi jumlah istri yang awalnya tidak teratur, terkhusus bangsa Arab.

Baca Juga: Putri Anies Baswedan Tidak Berjilbab, Ade Armando Komentari Cuitan Dokter...

“Ayat tentang turun ‘fangkihu ma tobalakum minan nisaa’i masna, wa sulasa, wa ruba’, nikahilah perempuan dua, nikahilah tiga, nikahilah empat, ayat itu nyuruh nambah atau mengurangi?, (jawabannya) mengurangi!,” ujar Ustadz Abdul Somad dalam video yang diunggah channel youtube Ustadz Abdul Somad Official, sebagaimana dilansir pada Senin, 14 Februari 2022.

“Karena dulu orang makah istrinya unlimitid edition, maka turun ayat ini untuk menyuruh kurangi!,” ujar UAS melanjutkan.

Baca Juga: Ruhut Nyinyir Akad Nikah Bahasa Arab, Andi Sinulingga: Sentiment Dengan...

Selain itu, UAS juga menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW ketika menikah dengan Khadijah justru memilih monogami selama 25 tahun.

“Nabi Muhammad SAW menikah dengan Khadijah monogami 25 tahun, istri tunggal!, baru poligami sekitar 10 atau 12 tahun, mana yang lebih lama dalam kehidupan Nabi? monogami atau poligami? (jawabannya) monogami!,” ujar UAS melanjutkan.

Selanjutnya, UAS menjelaskan bahwa dalam islam, poligami adalah solusi emergency. Menurutnya, poligami bukan hukum baku yang harus dipatuhi, akan tetapi hal tersebut adalah sebuah solusi.

Baca Juga: Ruhut Nyinyir Akad Nikah Bahasa Arab, Andi Sinulingga: Sentiment Dengan...

“Ini solusi emergency!,” ujar UAS melanjutkan.

“Kalau dengan poligami bisa menjaga, lanjutkan!, tapi justru menghancurkan, jangan!,” ujar UAS menegaskan.

Kemudian, UAS menyampaikan kepada jama’ah wanita, untuk tidak khawatir, karena negara sudah membuat peraturan yang melindungi mereka. Karena, di Indonesia seorang suami yang ingin poligami harus mendapatkan izin dari istri pertama.

“Karena semua laki-laki ini tidak akan bisa menikah tanpa izin istri pertama, dilindungi oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ibu-ibu jangan takut jangan khawatir!,” ujar UAS menandaskan.

Bagikan