Makassar Terkini
Masuk

Anies-Khofifah Digadang Jadi Duet Baru di Pilpres 2024, Ujang Komarudin: Menarik Tapi Agak Sulit

Terkini.id, Jakarta Ujang Komarudin selaku pengamat politik dari Universitas Al-Azhar memberikan respon terkait wacana duet Anies Baswedan dan Khofifah Indar Parawansa untuk maju dalam Pilpres 2024.

Ujang menyebut bahwa duet ini dinilai cukup menarik namun akan sangat sukar untuk terwujud.

“Ini pasangan yang bagus, menarik, tapi agak sulit karena keduanya tidak punya partai, bukan ketua umum partai,” ungkapnya dilansir dari TribunJakarta.com, Jumat 1 Juli 2022.

Ujang menyebutkan bahwa duet ini akan sangat sulit untuk diusung oleh partai yang berkoalisi. Apalagi salah satu tokoh ini belum diusung oleh partai politik manapun.

“Saya melihat peluangnya berat dan sulit. Anies juga kan belum tahu akan didukung siapa termasuk Khofifah,” kata Ujang.

Duet ini pun semakin sulit untuk terwujud mengingat adanya peraturan Presidential Threshold sebesar 20%.

Karena hanya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang bisa memunculkan pasangan calon presiden dan wakilnya namun tidak harus melakukan koalisi dengan partai lainnya.

Oleh karena itu partai lainnya harus membangun koalisi dengan partai lain untuk bisa mendukung calon presiden dan wakilnya.

“Ini kan soal persyaratan yang harus ditempuh karena yang pertama harus dipastikan itu tiketnya dulu. Perahunya dulu, partai koalisinya dulu baru dicari pasangan dengan siapa yang memungkinkan menang,” lanjut Ujang.

Partai-partai besar pun tentu saja akan mengusung ketua umum atau kadernya masing-masing untuk diusung sebagai calon presiden atau wakilnya.

“Partai-partai itu akan mengutamakan ketum partainya, mengutamakan kadernya untuk menjadi capres dan cawapres,” bebernya.