Ular Tangkalaluk yang Hangus Terbakar Disebut Punya Kemampuan Tirukan Suara Hewan Lain

Ular Tangkalaluk
Ular Tangkalaluk. (Foto: Twitter @pakatdayak)

Terkini.id, Jakarta – Foto-foto ular raksasa yang hangus terbakar dengan mulut menganga membuat heboh jagat media sosial. Dalam foto yang beredar, ular raksasa tersebut terlihat hangus terbakar.

Netizen pun banyak mengaitkannya dengan kebakaran hutan di Kalimantan. Meskipun, belum terverifikasi kebenarannya.

Dari sekian banyak video dan foto yang hilir mudik, ada serangkaian foto yang sukses membuat jagat maya heboh. Salah satunya yakni foto yang diunggah oleh akun Twitter @PakatDayak sejak Sabtu, 14 September 2019.

Dalam keterangan unggahannya, akun ini menerangkan bahwa ular tersebut merupakan predator jenis ular raksasa yang dikenal dengan nama Tangkalaluk atau Phyton Raja Ular Rimba Belantara Dayak Kalimantan.

Populasi ular raksasa ini kini diklaim sudah sangat sedikit dan disinyalir nyaris punah. Akun @PakatDayak menceritakan bahwa pada masa lalu Tangkalaluk selalu mencari mangsanya di pedalaman hutan.

Makanan favorit ular legenda bagi Suku Dayak ini adalah babi hutan, harimau dahan, dan hewan besar lainnya.

Kemampuan Ular Tangkalaluk

Ular Tangkalaluk
Ular Tangkalaluk. (Foto: Twitter @pakatdayak)

Selain memiliki ukuran yang nyaris seperti Anaconda di hutan Amazon, Brasil, Ular Tangkalaluk juga disebut memiliki kemampuan meniru suara hewan lainnya seperti suara rusa, orang utan, atau suara burung untuk menarik perhatian mangsanya.

Penemuan bangkai ular dalam kondisi hangus terbakar ini sontak menyita perhatian masyarakat Kalimantan maupun Dayak, mengingat selama ini mereka hanya bisa mendengar cerita Tangkalaluk dari mulut ke mulut.

“Baru kulihat, walau sering diceritakan secara lisan dari orang tua kami ternyata benar – benar masih ada dan terlihat,” tulis akun @PakatDayak pada keterangan foto.

Lewat cuitannya, admin akun Twitter tersebut juga meminta Presiden Joko Widodo untuk segera melakukan tindakan nyata.

“Bukan hanya membawa celaka bagi manusia, kebakaran lahan dan hutan ini juga jadi petaka bagi marga satwa… Cc @jokowi,” tulisnya.

Berita Terkait