Unggah Video Hina Palestina di TikTok, Ucok: Saya Tidak Tahu yang Diserang dan Menyerang Siapa?

Terkini.id, Jakarta – Serangan Israel terhadap Palestina menjadi perhatian khusus beberapa minggu ini karena serangan yang tidak segera berhenti.

Sayangnya, di balik rasa duka yang dialami warga Palestina masih ada saja netizen Indonesia yang melakukan perilaku kurang pantas.

Seperti yang dilakukan Ucok (23), pria asal Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang membuat video viral yang menghina Palestina. Video tersebut diunggah pada Jumat, 15 Mei 2021.

Baca Juga: Netizen Kuliti Pengadaan Laptop Kemendikbud: Harga Rp10 Juta, Spek Cuma...

Dilansir dari KompasTV, video berdurasi 13 detik yang dibuat Ucok tersebut berisi tentang hinaan bernuansa SARA terhadap Palestina sambil berjoget-joget.

Video Ucok menghina Palestina yang viral di TikTok / youtube.com

Atas perbuatannya, Ucok kini terancam hukuman 6 tahun penjara. Kasusnya telah ditangani oleh unit Cyber Ditreskrimsus Polda NTB.

Baca Juga: Pengumuman, Youtube Rasa Tiktok Resmi Hadir di Indonesia Loh!

“Dia (Ucok), ditahan di Mapolda NTB. Ia terancam dijerat Undang-Undang ITE Pasal 28 ayat 2, Pasal 45 ayat 2 dengan ancaman kurungan 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar,” kata Kombes Pol Artanto, Kabid Humas Polda NTB.

Dalam jumpa pers yang dilakukan oleh Polda NTB, terlihat wajah Ucok yang pucat dan sedih. Dengan menggunakan baju tahanan, Ucok terlihat menangis sambil menyampaikan permintaan maaf.

“Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, pada kesempatan ini saya meminta maaf kepada seluruh warga Indonesia terutama warga NTB dan warga Palestina yang tersinggung dengan postingan saya di TikTok. Saya tidak ada niatan menyakiti siapapun dan meminta maaf atas yang saya lakukan,” ujar Ucok seperti dilansir dari Batam Tribunnews pada Selasa, 18 Mei 2021.

Baca Juga: Viral Jasa Pijat Pinggir Pantai Bali, Sukses Bikin Wisatawan Kaget...

Hal yang mengejutkan adalah, lebih lanjut Ucok mengatakan melakukan hal tersebut membuat video tersebut karena iseng saja.

Ia juga mengaku sebenarnya tidak tahu menahu atas konflik yang sedang dihadapi oleh Israel dan Palestina.

“Saya tidak tahu apa-apa, saya tidak tahu siapa yang diserang dan menyerang. Saya juga tidak mengetahui mana Israel dan mana Palestina,” ujar Ucok sambil menangis.

Bagikan