Usung Tema Lingkungan, Wahdah Islamiyah Gelar Mukernas XII

Wahdah Islamiyah
Usung Tema Lingkungan, Wahdah Islamiyah Gelar Mukernas XII

Terkini.id, Makassar – Manusia dan sampah adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan, setiap ada keramaian pasti akan menghasilkan sampah yang bertumpuk.

Momentum Mukernas XII Wahdah Islamiyah yang terlaksana pada Jumat, 13 Desember 2019, dijadikan momentum penjagaan lingkungan.

Berlatar belakang dari keprihatinan masalah kesehatan 1 miliar manusia yang bersumber dari air dan lingkungan. Sehingga Ustaz Zaitun Rasmin mengimbau agar Mukernas XII ini menjadi kegiatan zero waste.

“Melalui jargon Lisa Dara Apik (Lihat Sampah Ambil, Tidak Rapi Rapikan), Mukernas ini menjadi ajang yang semakin memperkuat kampanye pengurangan sampah plastik dengan mewajibkan setiap peserta membawa tumbler masing-masing,” ujarnya.

Lanjut Ustaz Zaitun, tak hanya sebatas pengelolaan minim sampah, melalui Mukernas ini juga diharapkan agar tidak boros dalam penggunaan air wudhu.

Baca juga:

“Ini tak semata-mata menjaga lingkungan saja, tetapi merupakan wujud dari ajaran islam untuk menjaga karunia Allah,” terangnya.

Pengelolaan lingkungan bukan hanya semata tugas pemerintah, Wahdah Islamiyah sebagai ormas juga sangat penting dalam menggalakkan tidak menggunakan sampah plastik.

“Ini tidak hanya pada pemerintah, tetapi peran ormas penting dengan tidak menggunakan plastik. Karena itu, ajaran islam yang luar biasa mengajarkan untuk menjaga karunia Allah,” ujar Ustaz Zaitun.

Citizen Reporter: Asmaul Husna

Komentar

Rekomendasi

Berkebun di Pekarangan Rumah Akan Jadi Kenormalan Baru Warga Makassar

Dinas Kesehatan Makassar Akan Buat Program Senam Selama Pandemi Corona

Pemkot Makassar dan Pelindo IV Akan Buat Parkir Khusus Transit Truk

Anggota Dewan Puji Langkah Pj Wali Kota Yusran Jawab Persoalan Makassar

Prof Yusran Jusuf Minta Masyarakat Tingkatkan Kekebalan Tubuh Hadapi Corona

Update 25 Mei Pasien Corona Covid-19 di Makassar

Yusran Jusuf Salat Ied di Rumah Jabatan

Pantau Mal yang Buka, Satpol PP Makassar Temukan Pengunjung Tak Pakai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar