Viral Foto Ustad Abdul Somad Ditangkap Polisi, Polda NTT: Itu Hoax!

Ustad Abdul Somad
Foto viral Ustad Abdul Somad ditangkap polisi dipastikan hoax. (Foto: Facebook)

Terkini.id, Jakarta – Jagat media sosial belum lama ini dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang memperlihatkan ustad kondang Abdul Somad tengah digiring aparat kepolisian.

Foto viral tersebut diunggah oleh akun Facebook Ganda Septiandi Sitanggang di grup FB ‘Jadilah Pelaku FIRMAN yang hidup.

Dalam foto yang diunggah akun facebook tersebut, tampak Ustaz Abdul Somad (UAS) tengah digiring oleh Irjen Umar Septono.

Menanggapi foto tersebut, Kabid Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Jules Abraham Abast menegaskan foto yang beredar luas itu adalah informasi palsu alias hoax.

“Hoax itu. Itu Kapolda Sulsel yang lama Irjen Pol Umar Septono. Sekarang beliau sudah pindah ke Mabes Polri. Mungkin itu waktu UAS datang mau ceramah di Sulsel,” kata Jules, dikutip dari Kumparan, Minggu, 18 Agustus 2019.

Foto viral tersebut diduga sengaja disebar sebagai kelanjutan atas pelaporan yang dilayangkan salah satu Organisasi Massa (Ormas) di NTT terhadap Ustad Abdul Somad ke Polda NTT.

Ustad Abdul Somad
Foto hoax Ustad Abdul Somad ditangkap polisi. (Foto: Facebook)

Diberitakan sebelumnya, UAS dilaporkan oleh Ormas yang menamakan dirinya Brigade Meo Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Kepolisian Daerah (Polda) NTT pada Sabtu, 17 Agustus 2019, kemarin.

Laporan tersebut dilayangkan karena UAS diduga telah menistakan salib dan patung yang merupakan simbol agama Katolik dan Kristen Protestan dalam video ceramahnya yang tersebar luas di media sosial.

“Kami sudah melaporkan Ustad Abdul Somad ke Polda NTT terkait ceramahnya yang melecehkan umat Kristen,” kata Anggota Brigade Meo, Jemmy Ndeo, dikutip dari Tempo, Sabtu 17 Agustus 2019.

Video viral ceramah Abdul Somad tersebut dianggap sudah meresahkan dan mencederai umat Kristen.

“Karena itu, Abdul Somad harus mempertanggungjawabkan perkataannya,” tegas Jemmy.

“Apa yang dikatakan Ustad Abdul Somad dalam videonya itu sudah sangat meresahkan masyarakat, terlebih umat Kristen,” sambungnya.

Pihaknya, lanjut Jemmy, sangat menyayangkan Abdul Somad terkait ceramah yang dibawakannya tersebut.

“Kami laporkan Ustad Abdul Somad sebagai pribadi, tak ada kaitannya dengan umat muslim,” tegas Jemmy.

Berita Terkait
Komentar
Terkini