Young Lex Ditegur Plagiat MV dan Tidak Hargai Budaya Cina, tapi Malah Balik Hina K-Popers

Terkini.id, Jakarta – Rapper Young Lex menjadi sasaran warganet dan juga penggemar EXO sebab dinilai telah menjiplak video musik Lay Zhang, musisi asal Cina yang juga anggota EXO.  Tidak hanya itu, ia bahkan mengatakan bahwa K-Popers yang mengatakan musick videonya hasil plagiat memiliki otak micin.

“Fans K-Pop otak micin akan bilang ini plagiat,” tulisnya di bawah kolom komentar music video terbarunya.

Hujatan untuk Young Lex bermula ketika ia mengunggah video musik berjudul “Raja Terakhir (The Last King)” pada Sanin, 8 Maret 2021.

Baca Juga: Akui Istrinya Hamil Duluan Sebelum Nikah, Rapper Young Lex: ‘Saya...

Penggemar EXO-L pun menilai ada terlalu banyak kesamaan konsep dengan video musik Lay berjudul “Lit” Lay yang telah dirilis 9 bulan lalu.

Komentar Young Lex soal K-Popers otak kmicin yang telah dihapus/ youtube Young Lex

Kesamaan tersebut mulai dari kostum, naga, hingga gerakan tarian yang ada di video.

Penggemar yang tidak terima pun protes, namun Young Lex justru melontarkan perkataan ‘fans K-Pop otak micin’ sehingga penggemar semakin marah dengan sikapnya.

Walaupun komentar itu telah dihapus dari kolom komentar YouTube-nya, penggemar telah menyimpan tangkapan layarnya dan membagikannya di media sosial.

Nama Young Lex dan juga ‘Respect Zhang Yixing” pun menjadi topik trending di Twitter hari ini, Selasa, 9 Maret 2021.

Selain karena dinilai menjiblak musik video dan tidak meminta maaf, Young Lex juga dinilai tidak menghargai budaya Cina.

Komentar penggemar Lay EXO di China

Pasalnya, video musik Lay sangat sarat dengan budaya sakral Cina yang mereka junjung tinggi.

“Ini bukan hanya soal hak cipta atau kreativitas, tetapi MV Lit itu sendiri juga berisi budaya sakral Tinguohawk dan logo kebanggaan Cina (naga),” cuit @XinChanL230320 yang telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia.

Warganet Indonesia pun mengangkat persoalan budaya tersebut dan menyarankan Young Lex agar lebih kreatif dan mengangkat budaya Indonesia.

“Young lex daripada lo plagiat MV Lay yang notabenenya tuh MV erat sama budaya cinanya, mending lo bikin MV yang erat sama budaya Indonesianya. Jadiin MV lay insipirasi bukan plagiarism,” tulis @nunajw di twitter pada Selasa, 9 Maret 2021.

Sponsored by adnow
Bagikan