Wagub Sulsel Dorong Pemuda Penggerak Kedaulatan Pertanian

Terkini.id, Sulsel – Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri peluncuran Gerakan Korporasi Penanaman Jagung, Minggu, 26 Juli 2020 kemarin.

Penanaman jagung dilaksanakan di Desa Bila Riase, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, dengan tema Penguatan Kelembagaan Pemuda dalam Mewujudkan Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani.

Andi Sudirman dalam sambutannya berharap, gerakan ini dapat mendorong pemuda untuk mengembangkan pertanian.

Menurut dia, pilot project ini merupakan tindaklanjut dari Pedoman Pengembangan Kawasan Pertanian Berbasis Korporasi Petani.

Mungkin Anda menyukai ini:

“Gerakan ini mengamanatkan agar percepatan pengembangan kawasan dilakukan melalui kegiatan percontohan,” kata Andi Sudirman.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Secara Resmi Lantik 11 Kepala Daerah

Ia mengungkapkan, kunci sukses kegiatan percontohan adalah kuatnya kelembagaan ekonomi petani untuk mengelola bisnis usaha tani secara berkelanjutan, dan untuk meningkatkan kualitas produksi.

Pemuda akan melakukan pembinaan dan pendampingan petani guna meningkatkan kualitas produksi, pembinaan dalam pengelolaan kelembagaan ekonomi petani, fasilitasi alat dan mesin pra panen, pasca panen dan pengolahan, serta pembukaan akses terhadap modal dan pemasaran.

“Kunci keberhasilan pilot project ini adalah kelembagaan petani,” sambungnya.

Baca Juga: Gubernur Resmikan Amphi Theatre Pelebaran Jalan Metro Tanjung Bunga Tahap...

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran tersebut, Wakil Bupati Sidrap bersama para tokoh masyarakat, dan petani Sidrap.

Andi Sudirman dalam kesempatan ini juga berdiskusi bersama masyarakat dan petani mengenai permasalahan yang ada di lapangan.

Bagikan