Ini Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham Sebelum Meninggal Dunia

Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham semasa hidup. (foto: Instagram @alvin_441)

Terkini.id – Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu 22 Mei 2019 pukul 23.40 waktu Penang. Jenazah Ustaz Arifin Ilham diterbangkan dari Penang, Malaysia ke Bandara Halim Perdana Kusuma Kamis pagi ini, 23 Mei 2019.

Kabar kepergian ustaz Arifin Ilham membawa duka yang mendalam bagi jamaah dan keluarga tercintanya. Selain itu, ada beberapa hal menarik, karena Ustaz Arifin rupanya sudah mempersiapkan diri sebelum ajal menjemput.

Dia bahkan menyampaikan sebuah kalimat terakhir sebelum meninggal dunia. Itu diungkap oleh putranya, Ameer.

“Tulisan terakhir Abi ‘Bismillah bertemu Allah’ nanti kalau abi udah di surga trus ameer gk ada abi cari ameer ya abi…,” tulis @ameer_azzikra di media sosial, Kamis, 23 Mei 2019.

Wasiat terakhir Ustaz Arifin Ilham

Arifin Ilham
Ustaz Arifin Ilham sempat menjalani perawatan di rumah sakit di Penang, Malaysia. (foto: suara.com)

Ketua Yayasan Az-Zikra, Khotib Kholil menjelaskan bahwa jenazah Ustadz Muhammad Arifin Ilham akan dua kali disalatkan di dua lokasi berbeda ketika tiba di Bogor, Jawa Barat.

Menurut Khotib salah jenazah dua kali itu sesuai wasiat Arifin Ilham sebelum dimakamkan di Gunung Sindur, Bogor.

“Beliau beramanat ingin disalatkan di Az-Zikra Sentul, setelah itu disalatkan juga di Az-Zikra Gunung Sindur,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, jenazah pendiri Majelis Az-Zikra itu akan diberangkatkan dari Penang, Malaysia pagi sehingga diperkirakan akan tiba di Bogor pada Kamis siang.

“Persiapan sebagaimana biasa. Penyambutan oleh santri menggunakan zikir-zikirnya beliau,” kata Kholil.

Kholil mengatakan Arifin Ilham berangkat ke Penang, Malaysia pada 15 April 2019, atau dua hari menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Almarhum menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit Penang lantaran menderita kanker kelenjar getah bening.

Kondisi Ustaz Arifin Ilham sempat membaik sebelum kembali kritis

Arifin Ilham
Kondisi Ustaz Arifin Ilham sempat membaik sebelum kembali kritis. (foto: kapanlagi.com)

Kholil menjelaskan bahwa Ustaz Arifin sempat melewati masa kritisnya setelah masuk ruang Intensive Care Unit (ICU) dini hari waktu setempat pada Selasa, 21 Mei 2019.

Namun, kondisi Arifin Ilham kembali kritis sejak Rabu sore. Kemudian mengembuskan nafas terakhirnya pada Rabu malam.

Almarhum selama dirawat di Penang ditemani ke empat istrinya dan ibunya yang menginap di Apartemen Mansion One, George Town.

Ustaz Arifin Ilham diketahui meninggal dunia karena kanker getah kelenjar bening dan sempat dirawat di RSCM Jakarta sebelum ke Penang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini