Masuk

Waspada! 12 Daerah ini Berpotensi Banjir Bandang

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Belakangan ini Indonesia kerap dilanda bencana hidrometeorologi yang mengakibatkan terjadinya Banjir dan juga tanah longsor.

Kawasan pertama yang mengalami bencana tersebut yaitu Kecamatan Alor Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada 3 November 2021.

Bencana hidrometeorologi di Kecamatan Alor Selatan tersebut menyebabkan terendamnya sejumlah lahan persawahan dan permukiman milik penduduk.

Baca Juga: BNPB Laporkan Puluhan Unit Rumah atau Bangunan Rusak Terdampak Gempa Cianjur

Dilain tempat, telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu-Malang, Provinsi Jawa Timur pada Kamis 4 November 2021.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bencana hidrometeorologi yang terjadi di wilayah Alor dan Kota Batu tersebut disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrem.

Dikutip dari kompas.com, Jumat 5 November 2021, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan jika dalam sepekan ini berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Baca Juga: Ketakutan dan Kepanikan Warga Cianjur yang Dilanda Gempa

“Potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode sepekan kedepan (5-11 November 2021) secara umum dapat berpotensi terjadi di 34 provinsi di Indonesia,” kata Guswanto.

Oleh sebab itu, diperlukan kewaspadaan tinggi terhadap potensi cuaca ekstrem yang bisa saja mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Guswanto juga menambahkan bahwa ada beberapa daerah yang harus waspada untuk beberapa hari ke depan yakni di rentang tanggal 5-11 November 2021.

Berikut 12 daerah yang berpotensi banjir dan banjir bandang dengan kategori sianga berdasarkan Prakiraan Cuaca :

Baca Juga: Viral, Pria Teriak Minta Tolong ke Basarnas hingga ke Wali Kota Saat Banjir

1. Jambi
2. Sumatera Selatan
3. Kep. Bangka Belitung
4. Lampung
5. Banten
6. Jawa Barat
7. Jawa Tengah
8. Jawa timur
9. Kalimantan Barat
10. Kalimantan Selatan
11. Kalimantan Timur
12. Kalimantan Tengah

Untuk Informasi lebih rinci hingga level kecamatan terkait potensi dampak banjir/bandang dapat diakses di laman website signature.bmkg.go.id.