Yuk Cicipi Ragam Kuliner Jeneponto di Festival Berkuda Turatea, Ini Tanggalnya

Festival Berkuda Turatea

Terkini.id,Jeneponto – Kodim 1425 Jeneponto akan menggelar Festival Berkuda Turatea dalam rangka memperingati hari juang TNI AD atau biasa dikenal dengan hari lahirnya Korps Infanteri.

Pada event yang akan digelar selama tiga hari dimulai 20 hingga  23 Desember 2019 mendatang di Pantai Karsut, Jeneponto ini, juga akan ada sajian khusus kuliner daging kuda.

Sajian Kuliner khas Jeneponto seperti Gantala Jarang dan Coto Kuda hingga konro kuda  akan meramaikan festival berkuda tersebut.

“Kegiatan itu bukan hanya pacuan kudanya yang akan dilaksanakan, tapi sekaligus juga untuk mengekplorasi kearifan lokal Butta Turatea Kabupaten Jeneponto, yakni destinasi kuliner khas Jeneponto dari daging kudanya,” kata Komandan Kodim 1425 Jeneponto, Letkol Inf Irfan Amir.

Irfan Amir memaparkan kepada terkini.id, jadwal pelaksanaan kegiatan festival berkuda Dandim Cup itu.

Menarik untuk Anda:

“Tanggal 20 Desember 2019 mendatang akan digelar karnaval berkuda dengan menampilkan kuda-kuada yang ditunggangi dengan menggunakan pakaian adat dan pakaian pejuang yang menggambarkan budaya Jeneponto dan hari juang TNI AD (hari Infanteri),” jelasnya.

Di hari kedua kata Irfan, akan ditampilkan Festival kuliner dengan menu utama olahan daging kuda, dengan menampilkan masakan yang menggunakan olahan daging kuda seperti Ganja (Gantala Jarang) dan olahan daging kuda lainnya yang sudah familiar seperti coto dan konro.

“Dalam hal ini juga akan ditampilkan olahan daging kuda lainnya yakni abon daging kuda, dendeng daging kuda, dan rendang dari daging kuda,” ungkap Irfan.

Irfan melanjutkan, Pacuan Kuda dilaksanakan ada 22 Desember 2019 mendatang yang merupakan budaya masyarakat Jeneponto dari jaman dahulu.

“Festival berkuda ini, Kodim dan jajaran panitia ingin ikut mewarnai dan memperkenalkan budaya Jeneponto di tingkat nasional, bahkan di level dunia, masyarakat Jeneponto termasif di dunia penikmat daging kuda,” pungkasnya.

Perwira dari Satuan Kopassus itu pun mengajak semua komponen masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk berkunjung ke Jeneponto memeriahkan festival berkuda Turatea Dandim Cup Jeneponto.

“Saya mengajak kita semua, mari kita bawa Jeneponto mendunia melalui event ini. Saya juga berharap, event ini dapat menjadi agenda kegiatan tahunan Pemerintah Daerah Jeneponto, bahkan agenda nasional,” tutup Irfan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cerita Udin, Bisa Sekolahkan Adiknya dari Hasil Jualan Kue Tradisional Buroncong

Chef Lucky Suherman Bikin Komunitas Pelaku Kuliner, Perkuat Usaha Kuliner di Tengah Pandemi

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar