Yuk Ikuti Seminar Industri Maritim, Ini Jadwalnya

Unhas gelar Seminar Maritim

Terkini.id,Makassar – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, akan menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional Industri Maritim yang digelar di Hotel Claro Makassar, Rabu 20 Maret 2019.

Seminar Nasional Industri Maritim ini digagas Ikatan Alumni Teknik (Ikatek) dan Ikatan Sarjana Perkapalan (ISP) Universitas Hasanuddin. Kegiatan ini sebagai bagian dari pelaksanaan Halal Bi Halal (HBH) Ikatek Unhas 2019.

Menteri Luhut dalam seminar yang didukung Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Sarana Lapas Pantai Indonesia (Iperindo) tersebut akan berbicara tentang peluang Industri Maritim di Sulawesi Selatan.

Presentasi tersebut sesuai dengan tema Seminar Nasional Industri Maritim yakni menjadikan Sulsel sebagai sentra industri pemeliharaan kapal Indonesia dalam rangka mendukung program Tol Laut dan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

Selain Menteri Luhut, Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dan Anggota Komisi VI DPR RI Eka Sastra juga jadi narasumber. Bakal tampil pula Rektor Universitas Hasanuddin Makassar Prof Dwia Aries Tina memberikan sambutan.

Menurut Ketua Panitia Halal Bi Halal Ikatek Unhas 2019, Anwar Mattawape, pelaksanaan seminar itu merupakan tindak lanjut dari Focus Group Discusion (FGD) yang telah digelar di Makassar dan Jakarta.

“Sehingga dalam momen Seminar Nasional Industri Maritim, pihaknya akan menyerahkan rekomendasi dari FGD yang telah dilakukan ISP dan Ikatek Unhas kepada Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah,” kata Anwar.

Dipaparkan Anwar, terdapat dua tujuan utama dari seminar tersebut yakni mengidentifikasi peluang dan tantangan Sulsel dalam meraih peluang pasar terkait Industri Pemeliharaan Kapal Indonesia.

Selain itu, lanjut Anwar, mengidentifikasi kesiapan Sulawesi Selatan dalam mewujudkan kawasan industri terpadu dalam pemeliharaan kapal.

Untuk itu pihaknya pun mengundang para pengambil keputusan baik itu dari Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), bupati Barru, bupati Takalar, serta para ketua asosiasi terkait industri maritim.

Anwar menambahkan, sudah saatnya para pelaku industri maritim dan para pembuat kebijakan duduk bersama dan merumuskan langkah nyata untuk menjadikan Sulsel sebagai sentra industri pemeliharaan kapal di Indonesia.

“Dan pada kesempatan ini, saya juga mengajak para pelaku industri maritim termasuk pula akademisi untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional Industri Maritim. Bagi yang belum melakukan registrasi, kami tunggu di pendaftaran,” tutup Anwar.

Acara ini bersifat gratis, namun peserta seminar perlu mendaftarkan diri karena kursi terbatas. Untuk informasi lebih lanjut, Anda juga dapat menghubungi panitia atas nama Ikram (081355439689).

Berita Terkait