Makassar Terkini
Masuk

Zulkifli Hasan Diperingatkan Fokus Bekerja Usai Lakukan Kampanye, Jokowi: Kalau Mendag Fokus Turunkan Harga Minyak!

Terkini.id, JakartaMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan baru-baru ini melakukan kampanye untuk memilih anaknya saat melakukan kegiatan pembagian minyak goreng di Bandar Lampung.

Dikutip dari Kompas.com, presiden Joko Widodo memberi atensi terhadap tindakan Zulkifli Hasan tersebut.

Dalam penjelasannya, Zulkifli Hasan diminta untuk fokus dengan target yang diberikan, yaitu menurunkan harga minyak goreng curah.

“Ya saya minta semua menteri fokus bekerja. Kalau Mendag yang paling penting urus seperti yang saya tugaskan kemarin, bagaimana menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp14.000 atau di bawah Rp14.000” jelasnya usai memberikan bantuan sosial di Subang, Jawa Barat pada Selasa, 12 Juli 2022.

Tambahnya Jokowi menjelaskan bahwa hal yang harus dilakukan saat mengunjungi pasar adalah mengecek hargan pangan utamanya adalah harga minyak curah.

“Saya pun sama, mengecek minyak goreng. Utamanya ini yang kita cek itu minyak curah. Jangan sekali-kali lari ke minyak premium. Yang kita cek adalah minyak goreng curah agar harganya di angka Rp14.000 atau dibawahnya” tambahnya.

Jokowi menjelaskan kembali bahwa penekanan ini ditujukan untuk semua menteri Kabinet Indonesia Maju.

Dikutip dari Kompas TV, peristiwa itu terjadi saat Zulkifli Hasan meninjau harga minyak goreng yang digelar PAN di Kecamatan Teluk Betung, Bandar Lampung. Pada Sabtu, 9 Juli 2022.

Zulkifli Hasan mengingatkan warga untuk memilih anaknya, yaitu Futri Zulfa Savitri sebagai calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1.

Ia bertanya kepada warga di pasar dan meminta agar tidak perlu membayar minyak goreng murah Rp 10.000 2 liter, karena sudah dibayar oleh putrinya.

“Sudah bawa uangnya? Uangnya gak usah, dikantongi aja Rp 10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh (pasar murah) beginian 2 bulan sekali” jelasnya pada warga.

Hal tersebut pun ditanggapi oleh Pengamat Politik sekaligus Direktur Trias Politika Agung Baskoro, ia memberi saran bahwa patutnya Zulkifli Hasan mengingat prinsip dan etika dalam berpolitik, serta mengutamakan tugas yang diberikan oleh presiden Joko Widodo.