Ini 14 Jurnal Ilmiah Unhas yang Terakreditasi SINTA

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu
Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu

Terkini.id, Makassar – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) meluncurkan Science and Technology Index (SINTA) sejak tahun 2017.

SINTA merupakan portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, kinerja jurnal dan kinerja institusi untuk mendorong budaya publikasi ilmiah.

Untuk melaksanakan mandat tersebut, SINTA menerbitkan hasil asesmen terhadap jurnal-jurnal terbitan dalam negeri yang dikategorikan dalam 6 peringkat, yaitu SINTA 1 (yang terbaik) hingga SINTA 6. Hasil pemeringkatan ini diumumkan secara reguler.

Sebanyak 14 jurnal di lingkungan Universitas Hasanuddin telah terakreditasi SINTA.  Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti Nomor 10/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2019 terdapat tiga jurnal baru yang masuk.  Pada periode sebelumnya, Unhas telah memiliki 11 jurnal yang terakreditasi SINTA.

Ketiga jurnal ilmiah tersebut diterbitkan oleh Fakultas MIPA, yaitu Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi, serta Jurnal Geocelebes.  Masing-masing memiliki peringkat SINTA 4. Jurnal Biologi Makassar (BIOMA) memperoleh peringkat SINTA 6.

Dua Jurnal Unhas Naik Kelas

Sementara itu, dua jurnal lainnya naik kelas ke level SINTA yang lebih tinggi.  Jurnal Etnografi Indonesia ETNOSIA (terbitan Fakultas ISIPOL) naik dari SINTA 4 melompat menjadi SINTA 2.

Sementara Jurnal Forest and Society (terbitan Fakultas Kehutanan) naik kelas dari SINTA 3 menjadi SINTA 2.  Dengan demikian, kini terdapat enam jurnal di lingkungan Unhas yang telah berstatus SINTA 2.

Kepala Publication Management Center (PMC) Unhas, Muh. Arsyad menjelaskan bahwa dirinya diberi mandat untuk mendorong akreditasi jurnal-jurnal ilmiah yang ada di lingkungan Unhas.

“Hingga tahun 2018, hanya ada 4 jurnal di Unhas yang terakreditasi.  Padahal kita memiliki 74 jurnal yang tersebar di seluruh program studi.  Kami melakukan berbagai pendekatan strategis untuk mendorong akreditasi jurnal ini. Alhamdulillah, sekarang sudah mencapai 14 jurnal terakreditasi SINTA,” kata Arsyad, Jumat 12 April 2019.

Langkah-langkah yang diambil oleh PMC Unhas adalah menerapkan standarisasi syarat administrasi akreditasi dan juga mendorong indeksasi.  Kedua indikator ini sama pentingnya.

“Setiap jurnal diwajibkan memenuhi syarat administrasi agar dapat diusulkan untuk akreditasi.  Selain itu, mengingat sekarang ini jurnal-jurnal telah berbasis online, maka indeksasi juga sama pentingnya,” papar Arsyad.

Target Semua Fakultas

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut baik capaian akreditasi jurnal ini.  Dirinya berharap, jurnal-jurnal yang terakreditasi SINTA itu ada di setiap fakultas.  Hal ini mengingat pentingnya jurnal bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

“Setiap dosen itu wajib meneliti. Hasil penelitian itu harus dipublikasikan, tentu saja melalui jurnal ilmiah. Kualitas suatu jurnal dilihat dari seberapa besar artikel-artikel di jurnal itu disitasi atau dikutip oleh penulis dan peneliti lain. Itulah pentingnya jurnal yang terakreditasi,” kata Prof Dwia.

Saat ini, seluruh 16 fakultas di Unhas telah memiliki jurnal ilmiah.  Akan tetapi, baru 9 fakultas yang memiliki jurnal ilmiah terakreditasi SINTA.

Berikut daftar jurnal ilmiah terbitan Unhas yang telah terakreditasi SINTA:

Fakultas Hukum:

– Hasanuddin Law Review (HALREV), SINTA 2

– Jurnal Ilmu Hukum AMANNA GAPPA, SINTA 4

 

Fakultas Teknik:

– International Journal on Smart Material and Mechatronics, SINTA 3

 

Fakultas ISIPOL:

– Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik (JAKPP),  SINTA 4

– KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi,  SINTA 4

– ETNOSIA: Jurnal Etnografi Indonesia, SINTA 2

 

Fakultas Kedokteran Gigi:

– Journal of Dentomaxillofacial Science,  SINTA 2

 

Fakultas Kesehatan Masyarakat:

– Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, SINTA 2

 

Fakultas Kehutanan:

– Forest and Society,  SINTA 2

 

Fakultas MIPA:

– Jurnal Matematika, Statistika, dan Komputasi, SINTA 4

– Jurnal Geocelebes, SINTA 4

– BIOMA: Jurnal Biologi Makassar, SINTA 6

 

Fakultas Peternakan:

– Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan, SINTA 4

 

Sekolah Pascasarjana:

– International Journal of Agricultural System (IJAS), SINTA 2

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Kampus

AJI Gelar Pelatihan Pengecekan Fakta di 20 Kota

Terkini.id, Makassar - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bekerja sama dengan jaringan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) dan beberapa kampus, menyelenggarakan Halfday Workshop Hoax Busting
Kampus

Pascasarjana Unifa Sambut Puluhan Mahasiswa Baru

Terkini.id,Makassar - Fakultas Pascasarjana Universitas Fajar (Unifa) secara resmi menerima mahasiswa baru untuk Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Magister Manajemen Stratejik dan Magister Rekayasa