Bangun Profesionalisme, Polbangtan Kementan Gelar Sosialisasi Jurnal Ilmiah Bereputasi

Terkini.id, GOWA – Tata cara penulisan jurnal penelitian seringkali membuat kita mengalami kebingungan, padahal di era baru pendidikan kita sekarang menuntut jurnal sebagai syarat utama dalam berbagai moment seperti kenaikan pangkat, penilaian kinerja dan profesionalisme dosen. Tiap jurnal yang terbit pun tidak terlepas dari beberapa kaidah atau aturan yang berbeda-beda, tergantung porsi yang diinginkan penerbit.

Untuk mendukung terciptanya kualitas SDM dan profesionalisme Dosen dan PLP, Polbangtan Gowa mengadakan Sosialisasi mengenai Jurnal Ilmiah Bereputasi.
Sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Dosen dan PLP Polbangtan Gowa tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (29/06) di Ruang Rapat Polbangtan Gowa dengan pemateri Prof. Eko Priyo Purnomo yang ahli dalam penulisan jurnal internasional dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan tersebut sebagaimana arahan Menteri Pertanian SYahrul Yasin Limpo untuk terus berupaya memacu prestasi dan kinerja serta profesionalitas sumber daya manusia (SDM) pertanian khususnya tenaga Pendidik pada Politeknik Pembangunan Pertanian
SYL menegaskan bahwa “Profesionalisme dosen dan fungsional khusus, menjadi salah satu tuntutan Kementan untuk meningkatkan SDM pertanian dari unsur pendidikan”. 
“SDM pertanian yang handal, berkualitas, profesional dan berdaya saing menjadi faktor penting pembangunan pertanian di Indonesia” ,tegas SYL.

Baca Juga: Dunia Internasional Akui Tiga Tahun Indonesia Swasembada Beras

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mengatakan, dosen merupakan pendidik profesional yang memiliki tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat.

“Boleh dikatakan, dosen merupakan ujung tombak suatu perguruan tinggi,” kata Dedi.

Baca Juga: Semarak HUT RI ke-77, Polbangtan Kementan Gelar Aksi Tanam Pohon

Wakil Direktur II Polbangtan Gowa, Mufidah Muis dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa pelatihan ini penting sebagai salah satu strategi bagaimana kita dalam pembuatan jurnal ilmiah, pada kesempatan ini besar harapan saya untuk kita semua betul-betul mengambil ilmu yang dibagikan, karena mengingat kita semua sangat menginginkan pembelajaran tentang seperti apa publikasi jurnal ilmiah ini”, ungkapnya.

Pada kesempatan sosialisasi kali ini Eko banyak menjelaskan mengenai etika serta strategi-strategi yang tepat dalam memilih target jurnal internasional yang bereputasi.

Dia juga memberikan banyak tips and trick jitu yang dapat lebih memudahkan para penulis agar hasil tulisannya bisa diterima oleh jurnal tujuan mereka.

Baca Juga: Semarak HUT RI ke-77, Polbangtan Kementan Gelar Aksi Tanam Pohon

Di penghujung acara, Eko berharap pada seluruh peserta mampu memanfaatkan serta menerapkan ilmu yang telah diberikan sehingga mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi individu maupun instansi masing masing kedepannya. Menulis karya ilmiah itu sangat penting agar dapat melestarikan budaya riset agar terus maju dan berkembang”, tutup Eko.

Bagikan